Depan Ketua KPU, Bawaslu dan Tokoh Masyarakat, Pangdam I/BB Tegaskan TNI Netral

Gunungsitoli (Metrobatam.com) – Dandim 0213/Nias, wakili Pangdam I/BB pada kegiatan Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Desk Pilkada Provinsi Sumatera Utara Se-Kepulauan Nias di Gand Kartika Gunungsitoli. Jumat, 20/11/2020.

Kegiatan yang dihadiri oleh, Ketua KPU Provsu, Bawaslu Provsu, Panitia Desk Pilkada Provsu, Tokoh Masyarakat, dan para undangan lainnya yang sangat antusias mendengar paparan dari para Nara Sumber.
Dandim 0213/Nias (Letkol Inf TP. Lobuan Simbolon) yang mewakili Pangdam I/BB yang menjadi Nara Sumber tentang paparan Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada Serentak tahun 2020. Ia menjelaskan tentang dasar Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada dari berbagai sumber Undang-undang maupun surat berupa telegram Panglima TNI maupun telegram dari Kasad.

Bacaan Lainnya

“Dasar kami yaitu Undang-undang RI Nomor 3 / 2002 tentang Pertahanan Negara, Undang-undang RI Nomor 34 / 2004 tentang TNI, Undang-undang RI Nomor 10 / 2016 tentang Perubahan kedua atas Undang-undang RI Nomor 1 / 2015 tentang PERPPU Nomor 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati & Walikota Menjadi Undang-undang, Surat Telegram Panglima TNI Nomor ST/ 983 / 2016 Tanggal 9 Agustus 2016 tentang Tata Cara Pelaks Pemilu Legislatif & Pilkada kepada seluruh anggota TNI & PNS TNI, Surat Telegram Kasad Nomor STR/ 1194 / 2017 Tanggal 29 November 2017 tentang Penekanan menjaga Netralitas TNI pada Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019, Buku Saku Netralitas TNI Tahun 2018, Surat Telegram Kasad Nomor STR/ 2371 / 2020 Tanggal 4 September 2020 tentang Sikap Netralitas Prajurit TNI AD terkait Pelaksanaan Pemilu/Pilkada di wilayah’. Ucap Dandim 0213/Nias.

Ia melanjutkan, paparannya tentang maksud dan tujuan sosialisasi Netralitas TNI dalam Pemilu/Pilkada serentak tahun 2020 ini kepada para undangan menegaskan bahwa TNI akan bersikap Netral.

“bahwa kami bersikap Netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis sesuai amanah Undang-undang TNI. Setiap para Prajurit TNI tidak akan memihak maupun mendukung salahsatu pasangan calon kepala daerah yang merupakan Netralitas TNI bagi kami adalah harga mati.” Tegas Dandim 0213/Nias yang disambut dengan tepuk tangan para undangan.

Ia menjelaskan bahwa kami interen sendiri kami selalu mengawasi, menyampaikan secara berulang-ulang kepada para prajurit maupun keluarganya tetang Netralitas TNI.

“kami senantiasa, melaksanakan pembinaan maupun mengawasi secara ketat tentang Netralitas TNI kepada para anggota termasuk keluarganya yang menjadi larangan-larangan baik melalui media sosial, maupun pada saat berkomunikasi ditengah-tengah masyarakat. Kalau ada para prajurit TNI tidak Netral tolong informaskan ke kami.” Ucap Dandim 0213/Nias.

Dalam akhir paparanya ia menghimbau dalam percepatan pencegahan virus covid 19, untuk kita menjadi pemberi pesan kepada warga yang masih adanya warga tidak mematuhi protokoler kesehatan.

“ Masih adanya warga yang tidak mengikuti prokes dalam percepatan pencegahan virus covid 19, mari selalu mengingatkan dalam upaya pemerintah menghentikan virus covid 19 ini.” Tambahnya. (DZ)

Pos terkait