Desa Jrakah, Klakah dan Tlogolele Rawan Bencana Erupsi Merapi

BOYOLALI (Metrobatam.com) – Terdapat 3 desa di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Jawa Tengah yang masuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III yang rawan terhadap bencana erupsi Gunung Merapi. Ke-3 desa tersebut yaitu Desa Klakah, Jrakah, dan Tlogolele yang dihuni oleh 8.300 jiwa.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Bambang Sinungharjo, mengatakan bahwa dari hasil pemetaan BPBD Kabupaten Boyolali, jumlah penduduk di Desa Jrakah ada sekitar 4.000 jiwa, Desa Klakah ada 2.900 jiwa dan Desa Tlogolele sebanyak 1.400 jiwa.

Bacaan Lainnya

‘Namun tidak semua warga yang tinggal di tiga desa tersebut harus mengungsi, akan tetapi hanya 300 jiwa. Meskipun begitu, mereka harus siap ikut dievakuasi bilaman sewaktu-waktu aktivitas Gunung Merapi meningkat kembali”, kata Bambang, Rabu (11/11/2020). Seperti Dikutip dari RRI.co.id.

Bambang menyampaikan, pihaknya sudah membagikan masker kepada penduduk di 3 desa KRB III, dengan tujuan untuk pencegahan debu, manakala Merapi mengalami erupsi. Status siaga Merapi yang juga dalam masa pandemi, maka masker tersebut sekaligus dapat dipakai sebagai sarana protokol kesehatan. Tempat pengungsian juga sudah dilakukan penyekatan sebagai upaya jaga jarak aman.

(Ad.Pur)

Pos terkait