Hari Wayang Nasional, 4 Dalang Muda Kendal Pentas Bareng

Keterangan foto: Ilustrasi pementasan wayang kulit (Dok. foto: Diskominfo).

KENDAL (Metrobatam.com) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal Jawa Tengah, dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional yang jatuh pada 7 Nopember 2020, akan mengadakan pagelaran budaya wayang kulit di Pendopo Sanggar Pramuka, Minggu (9/10/2020) malam.

Dalam pentas tersebut, akan menampilkan orang 4 dalang muda yang kesemuanya adalah putra daerah Kendal antara lain Hanif Iqbal dari Boja dan Fahrinnanda Setyawan dari Sukoharjo, M Farhan AL dari Patean dan Rizki Tri Prastawa dari Sukorejo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal Wahyu Yusuf Ahmadi mengatakan bahwa dalam pagelaran wayang kulit tersebut mulai dari pengrawit hingga dalangnya, merupakan generasi muda dari kalangan milenial.
“Hal ini membuktikan bahwa transformasi pelestarian budaya kepada generasi muda dapat dan telah berjalan dengan baik”, ucap Wahyu.

Sementara itu, Wahyu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta yaitu Pepadi, Dewan Kesenian dan para orang tua yang telah mendukung putra-putrinya ikut melestarikan seni budaya tradisional wayang, khususnya wayang kulit.

Bacaan Lainnya

Wahyu menambahkan, selain bertujuan untuk terus melestarikan budaya dan juga seni yang ada di indonesia khususnya di Kabupaten Kendal, pagelaran pentas wayang kulit ini juga diharapkan bisa mengobati kerinduan masyarakat terhadap pagelaran seni budaya.

“Pagelaran wayang yang dieselenggarakan juga tetap menerapkan prokes dimana jumlah pengunjung juga dibatasi. melakukan pembatasan pengunjung.
“Untuk publikasi, Disdikbud Kendal telah bekerjasama dengan Diskominfo Kendal untuk melakukan siaran streaming”, pungkas Wahyu.

(Ad.Pur)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *