Sedimentasi Kali Kancar Mulai Dikeruk

Keterangan foto: Proses pengerukan sedimentasi Kali Kancar. (Dok. foto: Ad.Pur)

KENDAL (Metrobatam.com) – Kali Kancar yang berada di Desa Dawungsari, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal Jawa Tengah, yang sudah 30 tahun mengalami pendangkalan karena adanya sedimentasi dan tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah, Sabtu (7/11/2020), mulai dilakukan pengerukan atau normalisasi.

Pengerukan Kali Kancar adalah atas inisiatif dari warga dan Pemerintah Desa Dawungsari, dimana biaya normalisasi tersebut merupakan swadaya dari warga Desa Dawungsari.

Bacaan Lainnya

Pengerjaan normalisasi Kali Kancar dilakukan oleh PT. Selomukti tersebut bertujuan untuk memperlancar aliran air yang selama ini menjadi penyebab terjadinya banjir di wilayah Desa Dawungsari.

Adanya pengerukan Kali Kancar disambut gembira oleh warga Desa Dawungsari.

Imron (42 tahun) Salah seorang warga Desa Dawungsari mengatakan bahwa dengan adanya normalisasi Kali Kancar, dirinya merasa sangat gembira, apalagi pengerjaannya dirasanya sangat tepat karena menghadapi musim hujan.

“Yang pasti gembira dan bangga atas kiprah dan kepemimpinan kepala desa saat ini, yang nyata bisa mewujudkan normalisasi Kali Kancar. Semoga dengan normalisasi ini akan mengurangi luapan air dan tidak ada lagi banjir ke di Desa Dawungsari, ” kata Imron.

Sementara itu, Isrofi selaku Kepala Desa Dawungsari mengatakan keputusan dilakukannya pengerukan Kali Kancar atas kesepakatan dan adanya dari warga desa dan Badan Pengawas Desa (BPD) Dawungsari.

“Selama ini Kali Kancar mengalami pendangkalan dan juga dipenuhi oleh sampah. Jika tidak segera dilakukan pengerukan, dikhawatirkan pada musim penghujan ada luapan air yang akan mengakibatkan banjir di sebagian dukuh”, tegas Isrofi.

Sementara itu, secara terpisah, Adi Darmawan dari Pusdataru Perwakilan Kabupaten Kendal, Sabtu (7/11/2020) malam, saat dihubungi melalui sambungan telepon selulernya, menyampaikan bahwa pengerukan Kali Kancar telah sesuai dengan prosedur yang semestinya dan proyek tersebut bukan proyeknya Dinas Pusdataru tetapi proyek swadaya dari Pemerintah Desa Dawungsari.

“Untuk pengerukan Kali Kancar Pemerintah Desa Dawungsari telah bersurat ke Dinas Pusdataru Provinsi Jawa Tengah dan telah mendapatkan persetujuan. Pada hari Rabu (4/11/2020), telah ditindaklanjuti oleh PSDA Bodri Kuto”, papar Adi.

(Ad.Pur).

Pos terkait