oleh

Hampir 2 Bulan Beroperasi, Payakumbuh Bugar Makin Digemari

Payakumbuh, Metrobatam.com – Terhitung sejak Selasa, 1 Desember 2020, masyarakat Kota Payakumbuh sudah bisa berolahraga di Lapangan Terbuka Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh yang diberi nama Payakumbuh Bugar.

Lapangan ini diresmikan langsung oleh Walikota Kota Payakumbuh, yakni Bapak Riza Fahlevi (Kamis, 10/12/2020). Lapangan olahraga ini berada di kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Menuju dua bulan beroperasi, lapangan olahraga terbuka ini ramai dikunjungi oleh masyarakat Kota Payakumbuh. Lapangan ini dipenuhi oleh masyarakat semenjak dibuka pada jam 07.00-10.00 WIB dan 16.00-22.00 WIB.

Hal ini didukung dengan cukup lengkapnya fasilitas di lapangan Payakumbuh Bugar sendiri yakni lapangan futsal dengan rumput sintesis berstandar Federation Internationale de Football Association (FIFA), lapangan basket berstandar nasional, lapangan voli, trek lari, beberapa peralatan fitness outdoor, hingga beberapa spot foto yang menarik.

Tak tanggung-tanggung, pemerintah kota membangun semua fasilitas tersebut dengan dana sebesar 4,5 M diatas lahan seluas 1,5 Ha.

“Masalah pembatasan usia, di lapangan ini tidak ada. Karena lapangan ini dibuka untuk umum, jadi siapa pun boleh masuk.” Kata Petugas Lapangan Olahraga Terbuka Payakumbuh Bugar, M. Hanif ketika ditemui di lapangan Payakumbuh Bugar (Jum’at, 22/01/2021)

“Masyarakat yang ingin berolahraga dapat langsung berkunjung ke Payakumbuh Bugar pada jam operasional. Namun, untuk penggunaan lapangan futsal masyarakat harus mem-booking lapangan sebelum bermain,” ujar M. Hanif.

“Sedangkan untuk penggunaan lapangan guna latihan rutin, masyarakat dapat mengirim surat tertulis ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Payakumbuh secara langsung. Salah satu pengunjung Payakumbuh Bugar,” pungkasnya.

Syahrifa Aini (22) mengatakan, Lapangan ini sangat nyaman jika dipakai untuk berolahraga. Selain lari sore, saya biasanya juga sering membuat video tiktok di sini bersama teman-teman karena lapangannya bagus.

“Berbeda dengan lapangan olahraga lainnya yang menetapkan biaya sewa, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh malah memberikan kebebasan biaya kepada masyarakat yang hendak berolahraga di Payakumbuh Bugar hingga saat ini,” ujarnya.

“Alhamdulillah, Bapak Walikota Payakumbuh membuat lapangan ini untuk dipakai oleh masyarakat Kota Payakumbuh tanpa dipungut biaya sepeserpun.” Kata M.Hanif.

Sebagai warga Kota Payakumbuh, Syahrifa juga berharap lapangan ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat.

“Iya, saya harap Payakumbuh Bugar ini selalu ramai pengunjung walaupun sudah lama berdiri nantinya,” ungkapnya.

“Fasilitas di kota Payakumbuh selalu ramai ketika baru dibuka, namun sayangnya semakin lama malah semakin sepi.” Harapnya. (ratih)

Biodata Penulis :

Amelia Ratih Amanda, gadis Minang yang lahir pada tanggal 27 Oktober 2001 di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Saat tulisan ini dibuat, penulis sedang menempuh pendidikan S1 Ilmu Komunikasi di UIN SUSKA Riau. Berkecimpung di dunia jurnalistik dan komunikasi membuat penulis sibuk di berbagai organisasi pelajar. Penulis juga aktif berbagi informasi atau cerita di media sosial Instagram @althaffz. Penulis dapat dihubungi via whatsapp di 089530003012 dan via telepon di 085363928452.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed