oleh

Hari Jadi Kota Tanjungpinang Ke-237 Digelar dengan Ziarah Makam

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Ziarah makam dan tabur bunga ke makam para leluhur menjadi rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-237 Tanjungpinang pada 6 Januari 2021 besok.

Sekda Kota Tanjungpinang Teguh Ahmad Syafari mengatakan ziarah makam para leluhur sudah menjadi tradisi dalam setiap peringatan Hari Jadi Tanjungpinang. Namun, tahun ini berbeda dari sebelumnya karena dilaksanakan di massa pandemi Covid-19.

Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, kita tetap mengedepankan protokol kesehatan. “Ziarah makam ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa perjuangan para leluhur sekaligus mempertahankan tradisi,” ucap Teguh, Selasa (5/1/2021).

Dikatakan Teguh, rundown acara telah disusun untuk kegiatan ziarah dan tabur bunga ke sejumlah makam para leluhur.

Perjalanan ziarah makam dimulai dari makam Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Kampung Melayu, Kelurahan Melayu Kota Piring.

Kemudian, ziarah ke Makam Daeng Marewa yang berlokasi di Kampung Kota Raja, Kelurahan Kampung Bugis, dilanjutkan ke makam Daeng Celak di Sei Timun, Kelurahan Kampung Bugis.

Setelah itu, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma bersama rombongan FKPD, LAM, dan OPD menuju ke Pulau Penyengat.

“Di Penyengat rombongan akan menziarahi makam Raja Haji Fisabilillah, Engku Puteri Raja Hamidah, dan Raja Ali Haji,” kata Teguh.

Di masing-masing makam yang dikunjungi, rombongan akan melaksanakan tahlil dan doa bersama. Kemudian, ada pembacaan riwayat singkat para tokoh, penggantian kain penutup nisan, serta tabur bunga,” tambah dia.

(Tri/toeb/Mb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed