oleh

Nakes Lansia di Tanjungpinang Mulai Divaksin

Metrobatam.com, Tanjungpinang –  Vaksinasi untuk tenaga kesehatan (nakes) lanjut usia (lansia) atau berumur di atas 60 tahun di Tanjungpinang sudah mulai dilakukan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kota Tanjungpinang, Nugraheni Purwaningsih mengatakan, vaksinasi dosis pertama untuk lansia Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan sudah dimulai sejak pekan lalu.

“Senin yang lalu, lansia SDM Kesehatan sudah mulai divaksin,” kata Nugraheni, Senin (15/2/2021).

SDM yang dimaksudkan adalah nakes seperti dokter, perawat, bidan, dan apoteker dengan usia di atas 60 tahun sudah mulai dilakukan penyuntikan. Jenis vaksin yang digunakan juga sama yaitu sinovac yang membedakan hanya rentang waktu penyuntikan.

“Yang tidak lansia suntik keduanya 14 hari sedangkan yang lansia 28 hari,” ujarnya.

Selain itu, untuk vaksinasi tahan pertama yang dimulai sejak 15 Januari 2021 lalu hingga saat ini sudah mencapai lebih 83 persen, di dalamnya sudah mencakup semua nakes termasuk lansia dan nakes yang sebelumnya tertunda untuk divaksin.

“Sebelumnya ibu menyusui tidak boleh, beberapa hari lalu setelah diumumkan dan selesai uji klinis maka bisa dilakukan vaksinasi, termasuk yang tensinya 140-180 juga sudah diperbolehkan,” ungkapnya.

Sedangkan vaksinasi tahap dua pada Maret 2021 nanti, Nugraheni menyebutkan akan dilakukan pada TNI, Pegawai Negeri Sipil (PNS) Polri, Wartawan, pelaku bisnis seperti pedagang di pasar, pegawai bank dan lainnya.

“Setelah ini baru akan masuk vaksinasi masyarakat umum secara bertahap, dan terstruktur,” tutupnya.

(Ip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed