oleh

Sakit Gigi, Ini 5 Jenis Obat yang Dapat Dibeli Sendiri di Apotek

-Kesehatan-1.078 views

Metrobatam.com (Mb) – Sakit gigi merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang paling mengganggu dan menyakitkan. Sayangnya, sejumlah masalah kesehatan ini tidak dapat kita jangkau secara sembarangan.

Pada beberapa obat sakit gigi, dosisnya yang tinggi memerlukan resep dokter untuk membelinya. Selain itu tidak boleh mengonsumsi obat sakit gigi ini secara sembarangan agar tidak terjadi masalah.

Walaupun jadi pilihan bagi banyak orang, konsumsi obat sakit gigi ini hanya bisa mengatasinya untuk sementara. Penanganan yang lebih tepat adalah dengan berkonsultasi ke dokter gigi.

Untuk berjaga-jaga ketika masalah sakit gigi ini mungkin muncul, sedia obat yang tepat merupakan cara yang bisa dilakukan. Mengetahui jenis obat sakit gigi mana yang bisa dibeli secara bebas di apotek merupakan hal yang harus diperhatikan.

1. Parasetamol

Parasetamol merupakan obat yang dikenal untuk mengatasi demam. Walau begitu, kandungan dari obat ini juga diketahui bisa meredakan sakit kepala maupun rasa nyeri akibat masalah gigi.

Parasetamol tidak mengobati masalah gigi namun meredakan inflamasi maupun bengkak yang terjadi. Terdapat berbagai jenis merek parasetamol yang bisa kamu beli di pasaran dengan harga yang terjangkau.

2. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan jenis obat yang bisa mengatasi peradangan dan rasa sakit. Ibuprofen merupakan obat sakit gigi yang bisa dibeli di apotek tanpa resep.

Cara kerja ibuprofen adalah dengan menekan produksi hormon penyebab peradangan jaraingan dan rasa sakit di tubuh. Pastikan mengonsumsinya sesuai anjuran dan hindari pemakaian ketika muncul efek samping.

3. Aspirin

Aspirin merupakan salah satu obat yang juga bisa meredakan terjadinya sakit gigi. Selama ini, Aspirin telah dikenal sebagai salah satu obat untuk mengatasi sakit kepala.

Aspirin biasa dikenal juha sebagai asam asetil salisilat. Obat ini bisa membantu meredakan nyeri sakit kepala, sakit gigi hingga nyeri haid.

4. Naproxen

Naproxen merupakan obat yang memiliki cara kerja seperti ibuprofen dan bisa membantu meredakan sakit gigi. Obat ini bekerja dengan cara menekan produksi hormon yang menyebabkan rasa nyeri dan meredakan peradangan.

Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dengan instruksi. Pastikan juga agar obat ini dihindari oleh ibu hamil karena berpotensi menimbulkan masalah kesehatan lain.

5. Dentasol

Dentasol merupakan obat sakit gigi yang cukup berbeda dengan jenis lainnya. Obat ini berbentuk krim dan bisa membantu mengatasi sakit gigi.

Gunakan obat ini dengan cara mengoleskannya langsung pada bagian gigi yang nyeri. Obat ini tidak menimbulkan efek samping yang berarti dan cocok digunakan bahkan bagi anak-anak.

(merdeka)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed