oleh

Terkait Pamakaran Nagari, Komisi I DPRD Agam Kunker ke Biro Pemerintahan Sumbar

-Agam, Sumbar-818 views

Metrobatam.com, Agam – Beberapa nagari yang akan dimekaran di Kabupaten Agam, telah diperdakan oleh Pemerintah Kabupaten Agam, untuk itulah Komisi I DPRD Kabupaten Agam melakukan kunjungan kerja ke Biro Pemerintahan Kantor Gubernur Sumatera Barat untuk sharing dalam rangka mencari informasi. Pada hari Selasa (02/02/21) kemarin.

Rombongan Komisi I DPRD Agam dalam kunjungan ini dipimpin oleh ketua komisi I Syaflin, Wakil Ketua komisi Zulfahmi, Rinal wahyudi, Zulhendrif Bandaro Labiah, Guswardi, Mardisal Athan, Syafril dan Pendamping dari Sekretariat.

Rombongan Komisi I DPRD Agam diterima di aula kantor Gubernur oleh Plt Kabag Pemerintahan Zaki Fahminanda dan Kasubag Pemerintahan Nagari dan Desa Yuanda Ogi.

Zaki Fahminanda mengatakan di Sumatera Barat ada sekitar 131 nagari persiapan yang diusulkan tiap-tiap kabupaten ke biro pemerintahan Sumatera Barat, sedangkan untuk Kabupaten Agam di rencanakan sekitar 23 nagari persiapan.

Syaflin mengatakan dalam tahap pertama pemekaran nagari di Kabupaten Agam diusulkan sebanyak 10 nagari dari total keseluruhan 23 Nagari persiapan.

Dalam pertemuan itu Syafril anggota komisi I mengatakan,  di kabupaten Agam sudah disahkan sebanyak 10 nagari untuk dimekarkan, apabila ada nagari yang tidak memenuhi syarat apakah masih bisa dilanjutkan pemekarannya.

Zaki menjelaskan, ada beberapa indikator untuk melakukan evaluasi gubernur yaitu berdasarkan urgensi, Kepentingan Nasional, Kepentingan Daerah, dan Kepentingan Masyarakat,

“Untuk nagari persiapan jumlah penduduk minimal 4000 jiwa dan 800 KK”, tambahnya.

“DPRD Agam khususnya Komisi I berharap Pada tahun 2021 ini bisa di selesaikan terkait dengan pemekaran nagari-nagari yang ada di kabupaten Agam” tutup Syaflin. (Basa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed