Sekda Buka Pelatihan Teknis Amil UPZ BAZNAS Batam

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, Batam – Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin Hamid, mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, membuka Pelatihan Teknis Amil Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam 2021 di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (30/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Jefridin menyampaikan salam dari Wali Kota Batam. Seharusnya, kata dia, Wali Kota yang akan membuka pelatihan tersebut. “Atas nama Wali Kota Batam, saya menyampaikan terima kasih kepada Baznas Batam, walaupun baru dilantik, sudah banyak kegiatan dilaksanakan termasuk pelatihan ini,” kata Jefridin.

Bacaan Lainnya

Ia berharap, dengan adanya pelatihan ini, akan menambah ilmu bagi para petugas UPZ dalam menjalankan tugasnya sebagai Amil. Kemudian, para petugas yang mendapat pelatihan ini, diminta menyebarkan ilmunya kepada masyarakat luas agar makin memahami tentang kewajiban zakat (Dalil, Nisab, Haul dan aturan tentang zakat).

“Secara teknis, narasumber yang memberikan pelatihan. Silakan dipahami dan diamalkan, cari dalil-dalil tentang zakat dengan berpedoman kepada Al-Qur’an,” ujarnya.

Dengan bermodal ilmu ini, maka petugas lebih memahami dan mampu menjelaskan kepada masyarakat. Ia tak memungkiri masih banyak masyarakat yang belum paham terkait zakat. “Ini kewajiban sebagai muslim, karena menjadi bagian dari rukun Islam,” kata Mantan Ketua BAZNAS Batam tersebut.

Selain itu, ia menekankan nilai kejujuran dalam menjalankan tugas pengumpul zakat tersebut. Ia mengaku, dengan kejujuran tentu masyarakat akan mempercayakan pengelolaan zakat melalui BAZNAS Batam.

“Sekarang, melalui kebijakan Wali Kota dan Kepala BP Batam sudah mempercayakan pengelolaan zakat profesi bagi pegawai Pemko maupun BP Batam,” katanya.

Jefridin juga berpesan, bagi petugas di lapangan nantinya, wajib menerapkan protokol kesehatan; memakai masker, menjaga jarak, dan menyediakan hand sanitizer. Langkah itu untuk meminimalisir risiko terjangkit Covid-19.

“Ini yang ditekankan Pak Wali, bekali petugas kita dengan masker dan sarung tangan agar tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Hal ini ditekankan karena petugas akan berinteraksi dengan banyak orang,” katanya.

Di akhir sambutan, Jefridin, membuka secara resmi Pelatihan Teknis Amil UPZ Badan Amil BAZNAS Kota Batam 2021. Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Ketua 1 Baznas Batam, Habib Fahmi, tokoh agama, serta peserta pelatihan. BAZNAS juga menghadirkan narasumber M Juni Berdu, Dosen Ibnu Sina Batam.

(mcb/and)

  • Whatsapp

Pos terkait