Zakat ASN Pemko Tanjungpinang Terus Disalurkan ke Masyarakat

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Program Jumat Berkah, Sebutir Beras, Segenggam Kasih Sayang dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Tanjungpinang terus bergulir untuk masyarakat tergolong asnaf di Kota Tanjungpinang.

Zakat ASN yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tanjungpinang disalurkan dalam bentuk beras kepada mustahik di Kelurahan Penyengat, Jumat (5/3/2021).

Bacaan Lainnya

Wali Kota Tanjungpinang Rahma mengatakan, zakat yang disalurkan dalam bentuk beras ini merupakan hasil dari zakat penghasilan ASN yang dipotong 2,5% setiap bulannya.

Penyaluran zakat ini akan dilakukan secara bergilir setiap bulannya di 18 kelurahan se kota Tanjungpinang. Dengan demikian, seluruh kelurahan akan terjangkau pentasyarufan zakat.

“Hari ini, kita salurkan 100 karung beras yang berisi 10 kg kepada mustahik di Penyengat. Penerimanya, ada guru ngaji menengah ke bawah dan juga pengurus masjid yang sehari-hari bertugas membersihkan masjid,” kata Rahma, di Masjid Raya Sultan Penyengat.

Selama ini, lanjut Rahma, masih banyak masyarakat kurang mampu yang membutuhkan pertolongan cepat. Melalui sumber zakat ini, pemko bisa manfaatkan untuk membantu sesuai kebutuhan masyarakat yang ada.

Seperti, orangtua yang tidak mampu membayar uang sekolah anaknya, pelaku usaha kecil yang usahanya tidak berjalan karena pandemi, hingga rehab rumah yang butuh penanganan cepat.

“Kita bisa bantu dengan cepat dan tepat. Karena, jika mengandalkan alokasi bantuan dari APBD, maka butuh waktu lama,” katanya

Karena, bagaimanapun di antara rejeki kita sebagian kecil ada hak orang lain yang membutuhkan,” tutur Rahma.

(Budi/Ip)

  • Whatsapp

Pos terkait