Menkominfo akan Kunjungi Lahan Data Center Nasional di Batam

Kadis Kominfo Kepri, Drs. Zulhendri, M.Si, (Foto: wartakepri)

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Menteri Kominfo, Johnny G Plate dijadwalkan akan mengunjungi Kepulauan Riau pada Kamis dan Jumat pekan ini. Menteri Kominfo akan melakukan peletakan batu pertama, pada sejumlah proyek di Natuna dan Batam.

“Iya, Pak Menteri Kominfo akan berkunjung ke Kepri selama dua hari untuk melakukan sejumlah kegiatan. Diantaranya melakukan ground breaking pembangunan BTS di Natuna dan juga pembangunan pusat data (data center) nasional di Batam,” ujar Kadis Kominfo Kepri, Drs. Zulhendri, M.Si, Senin (19/4).

Bacaan Lainnya

Untuk pembangunan BTS wilayah Sumatera, Menteri Kominfo akan melakukan ground breaking di Natuna. Pada 2021 dan 2022, akan dibangun 76 BTS di seluruh Kepri. Dengan rincian 35 BTS dibangun oleh pemerintah dan sisanya dibangun oleh operator selular.

Natuna kebagian 27 BTS. Dimana 17 titik merupakan BTS non regular atau non komersial, yang dibangun menggunakan anggaran pemerintah. Sedangkan 10 BTS lainnya adalah BTS regular atau komersil, yang dibangun oleh operator selular.

Selama di Natuna, menteri juga akan meninjau pemanfaatan jaringan internet dari Palapa Ring Barat di Natuna Geopark. “Keesokan harinya baru menteri melakukan sejumlah kegiatan di Batam,” tambah Zulhendri.

Dimulai dengan mengunjungi lokasi pembangunan data center nasional. Pemerintah akan membangun dua data center nasional di Batam. Yaitu di kawasan Jembatan I Barelang dan juga di Nongsa. Di Jembatan I Barelang. Di sana disediakan lahan sekitar dua hektar, untuk pembangunan data center tersebut.

“Ini penting, karena nanti semua data-data nasional akan disatukan di lokasi-lokasi ini. Selama ini kan data-data nasional masih terpisah-pisah. Nanti akan disatukan,” jelas Zulhendri. Batam dipilih sebagai lokasi data center nasional, karena kota ini menjadi lokasi pertemuan jaringan internet nasional dan internasional dari Singapura.

(IP)

Pos terkait