Polri Luncurkan Pelayanan SIM Online

Peluncuran aplikasi Sinar dibuka oleh Kepala Kepolisian RI, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Istiono.

Metrobatam.com, Jakarta – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meluncurkan pelayanan perpanjangan maupun pembuatan baru Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online. Aplikasi tersebut bernama Sinar (SIM Nasional Presisi).

Peluncuran aplikasi Sinar dibuka oleh Kepala Kepolisian RI, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Inspektur Jenderal Istiono.

Bacaan Lainnya

Irjen Istiono menyatakan bahwa Sinar merupakan satu terobosan Korlantas Polri yang bertujuan agar masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan pelayanan SIM dimana dan kapan saja.

“Ini sebagai proses mengadopsi revolusi industri 4.0 menuju masyarakat 5.0 ditengah masa pandemi COVID-19,” kata Irjen Istiono saat acara launching¬†Aplikasi Sinar yang ditayangkan secara virtual, Selasa (13/4/2021).

Ia menjelaskan, untuk mengurus SIM secara online bisa dilakukan melalui aplikasi yang diunduh dan diinstall melalui App Store atau Play Store dari perangkat handphone masing-masing.

Untuk perpanjangan SIM A dan C, pemohon bisa melakukan pemeriksaan psikologi dan ujian teori secara online melalui aplikasi E-PPsi. Sedangkan untuk layanan pemeriksaan kesehatan bisa melalui aplikasi E-Rikkes.

Namun untuk pembuatan SIM baru, pemohon yang lolos saat pendaftaran atau registrasi online tetap harus datang ke Satpas untuk melaksanakan ujian praktik.

Untuk metode pembayaran, bisa pembayaran PNBP SIM dengan virtual account (VA) BNI melalui ATM, Mobile Banking ataupun Teller Bank.

Pengiriman SIM pun bisa melalui jasa dari PT Pos Indonesia ke alamat pemohon atau pemohon bisa mengambil sendiri di Kantor Satpas yang telah mereka pilih.

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk perpanjang atau pembuatan baru SIM secara online:

1. Download aplikasi Sinar
2. Verifikasi No. HP (OTP)
3. Registrasi (NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie)
4. Verifikasi NIK dan SIM
5. Pilih jenis SIM dan lokasi Satpas
6. Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi
7. Isi rekening pengembalian (pembatalan)
8. Pilih metode pengiriman
9. Upload pas foto dan tanda tangan
10. Pembayaran PNBP dan biaya kirim
11. Cetak SIM
12. Pengiriman
13. SIM diterima pemohon.

(IP)

Pos terkait