Pungli Parkir di Pasar Suka Ramai Bengkong Resahkan Masyarakat

METROBATAM.COM. Batam – Dalam momen bulan Ramadhan banyak Pasar Beduk di setiap sudut di Kota Batam. Dalam momen ini juga pungutan liar juga marak di setiap pasar beduk yang ada di Kota Batam. Hal ini terlihat di salah satu Pasar Suka Ramai Bengkong, Selasa (27/4/21) Sore.

Para Juri Parkir (Jukir) liar bermunculan mumungut uang parkir tanpa atribut dan karcis parkir dari Dishub Kota Batam. Hal ini tentu sangat meresahkan masyarakat yang hendak membeli santapan untuk berbuka puasa.

Bacaan Lainnya

Para pelaku Pungli juga seakan memaksakan meminta uang kepada pengendara, walaupun pengendara hanya duduk di atas motornya sambil menunggu jajannya disiapkan oleh penjual takjil.

Salah satu pengendara yang sedang mencari takjil di Pasar Beduk Suka Ramai, Toni mengatakan, para tukang parkir ini sangat meresahkan, mereka seperti preman yang memalak pengendara dan juga tidak ada karcis ataupun seragam parkirnya.

“Sangat meresahkan pak, walaupun nilainya seribu perak, tapi mereka itu seperti bukan tukang parkir, nggak ada karcis dan juga mereka nggak ada pakai baju parkir,” ucap Toni.

Hal ini juga disampaikan pedagang yang ada di lokasi tersebut, Arni mengatakan, para tukang parkir ini entah datang dari mana, para pedagang juga diresahkan oleh tukang parkir liar ini, hal ini dikarenakan banyak pelanggan yang mengeluh dan jera datang lagi.

“Kami para pedagang juga merasa terganggu, karena para tukang parkir ini kayak preman aja, bukan hanya satu tukang parkirnya, tapi banyak, tiap hari bergantian. Banyak juga pelanggan kami yang kesal dan mengeluh,” ujar Arni.

Keberadaan Jukir Liar ini harus menjadi perhatian dari pihak terkait, terutama Satpol PP dan juga kepolisian. Selain parkir liar yang tidak masuk ke khas daerah, hal ini juga pungutan liar yang bertentangan dengan KUHP yaitu Pasal 368 dan Pasal 423. Pasal 368 ancaman hukumannya penjara maksimal sembilan tahun, sedangkan Pasal 423 ancaman hukumannya pidana penjara selama-lamanya enam tahun.

Sampai berita ini diunggah, pihak terkait yaitu Dishub dan Polsek Bengkong belum bisa dikonfirmasi. (Dinan)

Pos terkait