Stok Darah Kosong, PMI Batam Himbau Masyarakat dan Instansi Donorkan Darah

METROBATAM.COM. BATAM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam kini habisan stok pack red cel (PCR) atau sel darah merah. Jika biasanya hanya golongan darah tertentu yang habis, kini semua stok darah kosong.

Dalam rangka peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Palang Merah Indonesia (PMI) Batam sedang gencar menggandeng komunitas, perusahaan dan Instansi Pemerintahan untuk berpartisipasi dalam memenuhi kebutuhan darah di Kota Batam.

Bacaan Lainnya

Kepala Unit Donor Darah (KUDD) PMI Batam, Dr. Novia mengatakan, selama pandemi Covid-19, stok darah PMI Batam memang anjlok turun, sampai lebih dari 50 % dibanding keadaan saat masih normal. Perolehan tidak seimbang dengan permintaan darah, mengakibatkan Unit Donor Darah (UDD) PMI Batam menerapkan kebijakan tambahan syarat Donor Pengganti.

“Jika permintaan darah tinggi, sementara ketersediaan di UDD PMI Batam terbatas, otomatis jumlah yang ada akan berkurang. Sedangkan idealnya di UDD PMI selalu ada stok tersedia agar sewaktu-waktu bisa digunakan saat dibutuhkan. Dengan membawa donor pengganti, itu
berarti masyarakat turut menjaga agar stok darah di PMI selalu tersedia,” jelas Novia Minggu (6/6/2021) kemarin.

“Bagi masyarakat, jangan khawatir untuk mendonorkan darah pada masa pandemi, PMI Batam menjamin layanan donor darah yang aman.” Kata Novia.

Dalam hal itu, Ny. Sri Soedarsono Perempuan yang kerap disapa “Bu Dar” itu menyampaikan komitmennya bersama pengurus PMI Kota Batam untuk terus berupaya memenuhi permintaan darah di Kota Batam. Pihaknya tidak henti-hentinya mendorong komunitas, perusahaan, dan instansi pemerintahan serta masyarakat luas untuk menggelar kegiatan donor darah sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan.

“Mengusung tema HDDS 2021, Give Blood and Keep the World Beating yang artinya Donorkan Darahmu, agar Kehidupan Dunia tetap Berdetak. PMI Batam berfokus pada pemulihan jumlah stok darah agar mencukupi kebutuhan darah di kota Batam Khususnya,” kata Ny Sri. (Fa’i)

Pos terkait