Rudi dan Marlin Turun, Persoalan PPDB Kemudian Terurai

Wali Kota Batam Muhammad Rudi Ketua TP PKK yang juga Wakil Guburner Kepri Marlin Agustina (Foto: Doc MCBatam)

METROBATAM.COM. BATAM – Wali Kota Batam Muhammad Rudi turun langsung berdialog dengan wali murid perihal persoalan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP N 30 Batam, Jumat (2/7/2021).

Kedatangan Rudi dan Ketua TP PKK yang juga Wakil Guburnur Kepri Marlin Agustina, membuahkan hasil yang menggembirakan bagi wali calon siswa. Pasalnya, calon siswa yang mendaftar ulang akhirnya diterima semua di sekolah yang mereka inginkan tersebut.

Bacaan Lainnya

“Sekolah ini menerima 9 kelas dengan jumlah siswa perkelas 36 orang. Kalau kita full-kan jadi 40 perkelas, berarti bisa menampung tambahan 4 orang,” kata dia.

Rudi menyebutkan, yang mendaftar kembali sebanyak 60 orang. Tambahan perkelas (4 orang) dikalikan jumlah kelas yang diterima, artinya sudah menampung tambahan sebanyak 36 orang. Sisanya, akan diterima melalui kebijakan menambah satu ruang kelas baru.

“Nah yang mereka pikirkan soal seragam anak-anak kita ini. Saya sampaikan jangan dipaksakan, karena kondisi ekonomi sekarang sedang tak bagus. Ke depan, untuk anak-anak dari keluarga tidak mampu, kami sedang mengusahakan mudah-mudahan ada CSR yang bisa bantu,” imbuhnya.

Rudi menyebutkan, perihal PPDB bukannya tidak ingin ia selesaikan sejak awal. Sebagai kepala daerah, ia mengaku harus mengedepankan terlebih dahulu aturan yang berlaku. Namun karena kondisi, ia kemudian menggunakan hak diskresi (pengambilan keputusan  dalam situasi tertentu) sebagai kepala daerah.

“Saya sampaikan ini supaya tidak ada yang salah sangka, bukan tidak mau sejak awal kalau sudah tahu jalan keluarnya. Namanya aturan harus dijalankan, terkait PPDB ini ada aturan Kemendikbud, tapi karena mendesak makanya saya keluarkan diskresi,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina mengatakan, ia memahami keinginan para wali murid. Ia menyebutkan, cara walikota yang turun langsung ke sekolah-sekolah merupakan contoh yang patut ditiru dan terbukti dapat menyelesaikan masalah.

“Setelah PPDB SMP ini pasti PPDB SMA. Nah SMA ini adalah tugas provinsi. Untuk itu, mulai Senin saya juga akan berkeliling ke sekolah-sekolah,” imbuhnya.

Tidak lupa ia meminta doa dan dukungan masyarakat agar mendoakan dirinya juga Muhammad Rudi agar dapat menjalankan amanah yang kini diemban sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

“Doakan kami sehat dan tetap amanah. Begitupun kami akan mendoakan bapak ibu sekalian,” tutup Marlin. (R/And)

Pos terkait