Menjaga Kebugaran Tubuh di Masa Pandemi, Dansat Brimob Polda Kepri: Dalam Tubuh Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat

Keterangan gambar: Dansat Brimob Polda Kepri, Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu, menjaga kebugaran tubuh dengan lari sekitar 5 km.

METROBATAM.COM. BATAM – Pandemi Covid-19 tak hanya berdampak kepada kesehatan tubuh bagian luar saja, tetapi juga kesehatan jiwa dan mental. Misalnya, pembatasan sosial yang membuat orang tinggal di rumah saja membuat penat dan akhirnya masyarakat kurang fokus dalam melakukan kerja hingga kegiatan lainnya.

Oleh karena itu, menjaga semangat dan berpikir positif menjadi hal yang harus terus dilakukan di tengah pandemi yang masih berlangsung saat ini. Ini juga akan berpengaruh terhadap imunitas tubuh.

Bacaan Lainnya

Olahraga atau kegiatan fisik sendiri dianggap sangat penting, karena terbukti secara ilmiah untuk menjaga kebugaran tubuh yang baik untuk imunitas melawan penyakit.

Pandemi Covid-19 tak hanya berdampak kepada kesehatan tubuh bagian luar saja, tetapi juga kesehatan jiwa dan mental. Misalnya, pembatasan sosial yang membuat orang tinggal di rumah saja membuat penat dan akhirnya masyarakat kurang fokus dalam melakukan kerja hingga kegiatan lainnya.

Oleh karenanya, menjaga semangat dan berpikir positif menjadi hal yang harus terus dilakukan di tengah pandemi yang masih berlangsung saat ini. Ini juga akan berpengaruh terhadap imunitas tubuh.

Komandan Satuan (Dansat) Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri), Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mohamad Rendra Salipu, mengatakan, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat atau Mens Sana in Corpore Sano, begitu kata pepatah. Makanya, penting untuk menjaga keseimbangan kesehatan jiwa dan tubuh. Salah satunya dengan olahraga secara rutin, terutama di tengah masa pandemi ini.

“Di masa pandemi ini, kita harus menjaga kebugaran seperti jantung dan paru-paru (aerobik), otot dan rangka (anaerobik), keseimbangan dan koordinasi (peregangan) serta metabolisme energi (berat badan),” kata Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu, kepada Metrobatam.com.

Dengan begitu, masih kata pria yang mempunyai tiga orang anak laki-laki dan satu perempuan ini, bahwa, olahraga cukup banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan kesehatan mental seseorang saat di rumah, selama pandemi.

“Saya rutin berolahraga. Rutin olahraga dan istirahat yang cukup, bahkan setiap hari. Saya lari setengah jam, sekitar 5 kilometer jaraknya,” ujar Orang Nomor Satu di Korps Brimob Polda Kepri.

Selain itu, Perwira Lulusan Akademi Polisi (Akpol) Tahun 1996 ini, juga sering melakukan olahraga bersepeda. Disela-sela kegiatannya yang sangat padat, ia menyempatkan waktu untuk bersepeda meski tidak rutin ia lakukan. Namun dirinya bisa menentukan waktu dan target yang akan dicapai.

Keterangan gambar: Dansat Brimob Polda Kepri, Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu, menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga sepeda di hari Sabtu dan Minggu.

“Untuk sepedaan, saya tidak rutin. Karena cukup memakan waktu yang lama, jadi bila tidak ada giat, pasti saya luangkan waktu untuk bersepeda. Waktu dan target yang akan dicapai, selalu saya tentukan, seperti hari Sabtu dan Minggu,” imbuhnya.

Disampaikan Komandan Satbrimob Polda Kepri ini bahwasanya banyak yang mengeluhkan tinggal di rumah saja. Membuat jadwal urusan pribadi dan kerja menjadi berantakan, termasuk waktu untuk istirahat. Hasilnya, masyarakat menjadi tidak fokus dan tidak produktif, baik untuk urusan pribadi maupun pekerjaannya.

Menurut pria yang mempunyai lesung pipi di bagian sebelah kiri itu, bahwa, hal ini bisa diatasi dengan cara menata jadwalnya. Oleh karena itu, menjaga kebugaran tubuh sangat penting apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Selain menjaga kebugaran, olahraga bermanfaat guna menjaga penuaan sel pada tubuh dan peningkatan imun.

“Saya melakukan olahraga saat pagi hari, setelah sholat shubuh. Pukul 05.45, saya mulai lari sampai pukul 06.15. Bila pagi hari saya ada giat di Mapolda (Markas Kepolisian Daerah) maka, giat larinya saya laksanakan sore hari. Namun kadang juga saya lakukan malam hari. Pokoknya, ambil waktu 30 menit sehari lah,” ujar mantan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Binjai Polda Sumatera Utara (Sumut) masa jabatan Mei 2016 hingga Desember 2017 itu.

Ia berpesan agar selalu menjaga kesehatan dan menjaga pola waktu tidur. Istirahat dan tidur jadi hal penting yang tidak boleh dilupakan. Tidur malam yang cukup akan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Jangan keseringan begadang dan ingat menjaga kesehatan itu penting, apalagi di masa pandemi seperti saat ini,” tandas pria kelahiran Ambon, 31 Mei Tahun 1975 itu. (Ilh4m)

Pos terkait