Tiga Kapolres di Kepri Berganti

Keterangan Gambar : Kapolda Kepri, Irjen Pol Dr. Aris Budiman (kiri), menyaksikan langsung Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan di lingkungan Polda Kepri.

METROBATAM.COM. BATAM – Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Kapolda Kepri), Irjen Pol Dr. Aris Budiman, memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) dan Direktur (Dir) Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polda Kepri.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang kerja Kapolda Kepri, pada Selasa (10/8/2021) pagi, yang dihadiri dan disaksikan oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kepri, Brigjen Pol Darmawan, Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Kepri, Pejabat Utama (PJU) dan Kapolres jajaran Polda Kepri.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Kepri, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Harry Goldenhardt S, mengatakan, pelaksanaan Serah Terima Jabatan tersebut menindaklanjuti Surat Telegram (ST) Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di Nomor: ST/1507/VII/KEP./2021, ST/1508/VII/KEP./2021, dan ST/1511/VII/KEP./2021 tanggal 26 Juli 2021, tentang Alih Tugas/Mutasi Jabatan Pejabat Utama Polda Kepri.

“Sertijab ini merupakan hal yang biasa terjadi di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), guna menjamin dinamika manajerial dan tindak lanjut regenerasi kepemimpinan yang perlu dilakukan oleh setiap organisasi,” kata Kombes Pol Harry, Rabu (11/8/2021).

Di dalam serah terima jabatan tersebut, kata Harry, Kapolda Kepri selaku pimpinan Polri di wilayah Provinsi Kepri langsung memimpin pengambilan Sumpah Jabatan kepada pejabat-pejabat yang melaksanakan Sertijab. Selain itu, pada saat Sertijab dilaksanakan juga penandatanganan Berita Acara (BA) Serah Terima Jabatan, Sumpah Jabatan dan Penandatanganan Paktaa Integritas. Itu merupakan hal wajib dilakukan kepada pejabat yang dilantik.

“Proses ini merupakan siklus yang berkelanjutan, guna mempertahankan mata rantai eksistensi organisasi untuk mengahadapi dinamika tantangan tugas yang semakin kompleks,” ujarnya.

Adapun nama-nama pejabat di dalam surat Telegram tersebut yakni Dirpolairud Polda Kepri, Kombes Pol Giuseppe Reinhard Gultom, diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirpolairud Polda Banten. Sementara posisinya tersebut digantikan oleh Akbp Marudut Liberti Panjaitan, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur (Wadir) Polairud Polda Kepri.

Kemudian, Kapolres Bintan Polda Kepri, AKBP Bambang Sugihartono, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kepala Bagian (Kabag Pengendalian Personel (Dalpers) Biro (Ro) Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalimantan Timur (Kaltim), posisinya digantikan oleh AKBP Tidar Wulung Dahono, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) 1 Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri.

Selanjutnya Kapolres Karimun Polda Kepri, AKBP Muhammad Adenan, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kepala Bagian Pembinaan Karir (Kabagbinkar) Ro SDM Polda Sumatera Utara (Sumut). Sementara posisi akan diisi oleh AKBP Tony Pantano, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit 4 Ditreskrimsus Polda Kepri.

Kemudian Kapolres Kepulauan Anambas Polda Kepri, AKBP Cakhyo Dipo Alam, diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakil Direktur Lalu Lintas (Wadir Lantas) Polda Kepri, posisi akan diisi oleh AKBP Syafrudin Semidang Sakti, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Ditlantas Polda Kepri.

“Kepala Sub Bagian Psikologi (Kabagpsi) Ro SDM Polda Kepri, AKBP Isti Rahayu, diangkat dalam jabatan baru sebagai Perwira Menengah (Pamen) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),” katanya mengakhiri. (Ilh4m)

Pos terkait