Bantu Warga Terdampak Covid-19, TNI Distribusikan Bantuan 50 Ton Beras

Keterangan gambar: Danrem 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, menyerahkan secara simbolis bantuan beras kepada warga yang terdampak Covid-19 di Batam, Selasa (21/9/2021). Foto/Ilh4m/METROBATAM.COM

METROBATAM.COM, BATAM – Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam, mendistribusikan Bantuan Sosial (Bansos) Peduli Covid-19. Sebanyak 5.000 ribu karung beras (50 Ton) berukuran 10 kilogram (kg) disalurkan dan diperuntukkan untuk masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Kota Batam.

Adapun bantuan beras itu donasi dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Batam. Sementara, pendistribusiannya dilakukan oleh petugas Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 0316/Batam yang berlangsung di Markas Komando (Mako) Kodim 0316/Batam.

Bacaan Lainnya

Pantauan di lokasi, sebelum pelaksanaan pelepasan petugas pendistribusian Bansos Peduli Covid-19, dilaksanakan serah terima bantuan oleh Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Batam, Rudi Tan, kepada Komando Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam, Letnan Kolonel (Letkol) Korps Kavaleri (KAV) Sigit Dharma Wiryawan.

Kemudian, dilanjutkan penyerahan secara simbolis bantuan beras kepada perwakilan warga yang terdampak Covid-19 di wilayah Kelurahan Kampung Seraya oleh Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP), Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu diteruskan oleh Dandim 0316/Batam Letkol KAV Sigit Dharma Wiryawan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Batam Rudi Tan, Lurah Kampung Seraya Andi Hasanuddin, Komandan Rayon Militer (Danramil) 01/Batam Timur Kapten Infanteri HP Bangun, Kepala Seksi Operasi (Kasi Ops) Kepala Staf Resor Militer (Kasrem) 033/WP, Kolonel Inf Sarwo dan Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 033/WP Mayor Inf Reza Fahlevi.

Danrem 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, mengatakan bahwa, ini merupakan momentum yang harus diteruskan dan ditindaklanjuti.

“Ini merupakan momentum yang sangat luar biasa, karena kita semua misi kemanusiaan. Saya yakin juga dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, banyak rekan-rekan, teman-teman pengusaha yang punta kemampuan (segi finansial) memberikan kontribusi yang terbaik. Salah satunya memberikan bantuan sosial ini,” kata Danrem 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, didampingi Dandim 0316/Batam, Letkol KAV Sigit Dharma Wiryawan, Selasa (21/9/2021).

Lanjut Danrem 033/WP, pihaknya akan selalu siap dalam membantu dan sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak dari Covid-19.

“Kami (TNI-Polri) siap dan sangat mengapresiasi sekali. Mudah-mudahan ini menjadi berkah untuk kita semua,” ujarnya.

Dalam pendistribusian bantuan tersebut, pihak Kodim 0316/Batam sudah melakukan pendataan terlebih dahulu. Hal itu agar dalam pendistribusian nantinya tepat sasaran.

“Sebelumnya kita sudah melakukan pendataan terlebih dahulu. Jadi kita sudah membuat mapping (pemetaan) terkait masyarakat yang memang sangat membutuhkan dan yang terdampak sekali. Artinya mapping sudah kita laksanakan, jadi sudah bisa kita tentukan jumlahnya berapa,” kata Danrem 033/WP dihadapan awak media yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 033/WP menyampaikan bahwasanya, Markas Besar (Mabes) TNI juga memberikan bantuan berupa dana sebesar Rp1,2 juta untuk 4.000 ribu orang yang terdampak dan memang masyarakat pra sejahtera.

“Ini mungkin bukan hanya ini saja, Mabes TNI sudah adakan bantuan berupa dana. Itu nanti wujudnya kita akan kordinasikan di dua wilayah kami (Korem 033/WP) yakni Kota Tanjungpinang dan Batam. 4000 ribu ini hanya untuk Kota Batam, ada sekitar 4000an lagi untuk Tanjungpinang,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Batam Rudi Tan, berharap agar bantuan yang diberikan tersebut dalam sedikit membantu meringankan beban masyarakat di Kota Batam saat pandemi Covid-19 saat ini.

“Bantuan yang kami berikan kepada TNI ini (Kodim 0316/Batam) sebesar 5.000 ribu karung beras atau 50 ton. Mudah-mudahan masyarakat yang terdampak Covid-19 dapat sedikit terbantukan dengan adanya bantuan ini. Sesuai harapan kami, dapat meringankan beban mereka,” ujarnya.

 

Sementara itu, salah seorang warga Bengkong Bengkel RT 02/RW 08, Kelurahan Kampung Seraya, Ita (42), menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Kodim 0316/Batam dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Batam, atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Terimakasih kami ucapkan kepada bapak TNI dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Batam atas bantuan yang diberikan kepada kami ini,” katanya mengakhiri. (Ilh4m)

Pos terkait