Bantuan Menjangkau Warga di Pulau Terluar, TNI-Polri Salurkan 13 Paket Sembako dan Beras

Keterangan gambar: Babinsa 06 Kelurahan Kasu Koramil 05/Belakang Padang, membagikan masker gratis kepada masyarakat Pulau Semakau, Rabu (22/9/2021). Foto/Ilh4m/METROBATAM.COM

METROBATAM.COM, Belakang Padang – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyalurkan bantuan paket sembako dan beras langsung ke masyarakat Hinterland (Pulau Penyangga, red). Hal itu agar tepat sasaran diterima dan dirasakan oleh masyarakat yang benar-benar terdampak Covid-19.

Pendistribusian kali ini, petugas menyalurkan ke Pulau Semakau, tepatnya di Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (22/9/2021). Sebanyak 13 paket bantuan beras dan sembako dibagikan untuk 12 Kepala Keluarga (KK) di Pulau Semakau oleh petugas TNI-Polri.

Bacaan Lainnya

Komandan Rayon Militer (Danramil) 05/Belakang Padang, Kapten Infanteri (Inf) Edy Rasmuji, melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) 06 Kelurahan Kasu, Komando Rayon Militer (Koramil) 05/Belakang Padang, Sersan Satu (Sertu) P. Panjaitan, mengatakan, penyaluran bantuan sembako ini adalah bentuk nyata kepedulian TNI-Polri dalam membantu masyarakat yang terdampak di masa pandemi Covid-19.

“Kegiatan kita hari ini ialah membagikan bantuan sembako dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam yang disalurkan melalui Babinsa dan disampaikan oleh Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Lurah setempat. Mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat disini dan dapat dipergunakan sebaik mungkin,” kata Sertu P. Panjaitan kepada METROBATAM.COM.

Informasi yang diterima, pulau yang mayoritas warganya bersuku Melayu ini baru kali pertama menerima dan mendapatkan bantuan dari pemerintah, sebelumnya pulau tersebut tidak pernah dikunjungi ataupun disinggahi.

Untuk menuju ke Pulau Semakau itu, petugas harus menempuh jarak selama 30 menit dengan menggunakan perahu pompong yang hanya bisa dimuat enam (6) hingga delapan (8) orang penumpang.

Keterangan Gambar: Babinsa 06 Kelurahan Kasu Koramil 05/Belakang Padang, menyerahkan bantuan kepada masyarakat Pulau Semakau, didampingi Bhabinkamtibmas Polsek Belakang Padang dan Lurah Pulau Kasu, Rabu (22/9/2021). Foto/Ilh4m/METROBATAM.COM

“Kita pilih Pulau Semakau ini, karena jarang untuk dikunjungi. Jadi, mudah-mudahan setelah kita mengunjungi pulau ini, dapat memotivasi para darmawan dan pemerintah setempat agar selalu dikunjungi. Sehingga ke depannya masyarakat disini dapat menerima bantuan dari para dermawan lainnya,” ujarnya.

Adapun bantuan paket sembako itu terdiri dari beras 15 kilogram (10 dan 5 kg), gula pasir 1 kg, 2 liter minyak goreng, 1 kaleng susu kental manis, dan 5 bungkus Indomie.

Sementara, petugas yang terlibat dalam pendistribusian bantuan tersebut di antaranya Babinsa 06 Kasu Koramil 05/Belakang Padang, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Polsek Belakang Padang Brigadir Polisi (Brigpol) Yonar Hari Prasetya dan Lurah Pulau Kasu Iktiar Budi.

Ditambahkan Lurah Pulau Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Iktiar Budi, pihaknya sangat berterimakasih dan mengapresiasi sekali atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 khususnya di Pulau Semakau. Hal itu karena akses masyarakat untuk ke luar sangatlah jauh. Warga harus ke Kasu terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Saya selaku Lurah disini yang mewakili warga saya (Kelurahan Kasu dan Pulau Semakau), sangat-sangat berterimakasih sekali kepada pihak Kodim, Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan rekanan dari swasta yang sudi mengulurkan tangan memberikan bantuan ke warga kami yang terdiri dari 12 KK. Akses masyarakat untuk ke pasar, sangat jauh, mereka harus ke Kasu dulu, atau ke Belakang Padang. Jadi mudah-mudahan ke depannya, ada dermawan yang sudi membantu lagi dan kami sangat terbuka menerimanya untuk disalurkan ke warga-warga yang memang membutuhkan,” ujar Iktiar.

Dalam kesempatan tersebut, petugas Babinsa 06 Kelurahan Kasu Koramil 05/Belakang Padang dan Bhabinkamtibmas Polsek Belakang Padang serta Lurah Kasu juga memberikan imbauan agar protokol kesehatan Covid-19 5M tetap dijalankan dengan baik meskipun Pulau Semakau zona hijau.

Di lokasi yang sama, Bhabinkamtibmas Polsek Belakang Padang Brigpol, Yonar Hari Prasetya, mengatakan, sebagai petugas dalam menjaga Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat atau Harkamtibmas di Pulau Semakau, pihaknya tetap solid antara TNI-Polri dan pihak kelurahan.

Yonar berharap ke depannya, agar kepada pihak pemerintah setempat, para donatur dan darmawan lainnya agar dapat memperhatikan warga yang ada di pulau-pulau.

Keterangan gambar: Penyaluran bantuan sembako dan beras kepada masyarakat Pulau Semakau, Kelurahan Kasu, Kecamatan Belakang Padang, Kepri, Rabu (22/9/2021). Foto/Ilh4m/METROBATAM.COM

“Kami tetap solid antara TNI, Polri, dan Kelurahan untuk selalu menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat disini. Jadi besar harapan kami, kepada para penyumbang bisa lebih memperhatikan kami yang di pulau-pulau ini karena masih banyak warga yang ada di pulau-pulau lainnya yang belum terjamah,” katanya.

Pantauan di lokasi, tidak hanya bantuan paket sembako dan beras yang dibagikan, petugas juga membagikan masker kepada masyarakat sekitar. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir pencegahan wabah Covid-19 agar tidak terpapar serta semakin meluas penyebarannya.

Sementara itu, salah seorang perwakilan masyarakat Pulau Semakau, Suzana, mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bagus dan merasa diperhatikan sehingga membuat perekonomian masyarakat sedikit terbantukan.

“Kegiatan ini sangat bagus, kami warga sangat terbantu dengan bantuan yang di berikan oleh bapak dan ibu. Kami mewakili semua warga, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang diberikan,” ujarnya.

Untuk itu masyarakat sekitar berharap sekali bantuan uluran tangan dari pemerintah setempat dan juga para darmawan lainnya. Pasalnya mayoritas penduduk Pulau Semakau, Kasu, Belakang Padang, mata pencaharian hanya seorang nelayan dan usaha menjual kerupuk yang hanya berpendapat Rp200.000 ribu per bulannya yang tidak menentu pendapatannya.

Untuk diketahui, bantuan tersebut bersumber dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Kantor Perwakilan Batam dan para dermawan yang disalurkan melalui Kodim 0316/Batam dan di distribusikan oleh para satuan Babinsa di setiap Koramil di masing-masing wilayah. (Ilh4m)

Pos terkait