HUT ke-62 Pelopor, Jadikan Wajracyena sebagai Pedoman dalam Bertugas

Keterangan Gambar: Dansat Brimob Polda Kepri, Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu (tengah), mengikuti upacara peringatan HUT ke-62 Batalyon Pelopor Korps Brimob Polri 2021 secara virtual dari Mabes Korps Brimob Polri, Depok, Jawa Barat, Selasa (14/9/2021).

METROBATAM.COM. BATAM – Batalyon A Pelopor Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) menggelar Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Batalyon Pelopor Korps Brimob Polri tahun 2021 secara virtual.

Upacar tersebut berlangsung secara virtual atau daring yang diikuti personel di aula Detasemen Gegana Markas Komando (Mako) Brimob Polda Kepri berlangsung khidmat dengan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan Covid-19, Selasa (14/9/2021).

Bacaan Lainnya

Untuk diketahui, Batalyon Pelopor lahir sejak 14 September 1959 silam. Dalam Upacara, penyucian Panji-panji Pelopor dilakukan melalui aplikasi zoom secara serentak di seluruh Indonesia.

Komandan Korps (Dankor) Brimob Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Anang Revandoko, melalui Komandan Pasukan (Danpas) Pelopor Korps Brimob Polri, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Imam Widodo M. Han, menyampaikan beberapa pesan untuk generasi muda Pelopor. Salah satunya ialah agar selalu meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan kepada Allah SWT, hal tersebut menjadi landasan pondasi dasar dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara Indonesia.

“Dankor Brimob Polri menitip pesan kepada seluruh insan generasi muda prajurit Pelopor Korps Brimob Polri untuk selalu menggelorakan semangat pengabdian kepada bangsa dan negara dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Brigjen Pol Imam Widodo.

Selain poin di atas, pesan lainnya ialah agar dapat selalu mempedomani semangat dalam pelaksanaan tugas-tugas di satuan kerja. Selanjutnya, menjaga nama baik kesatuan dengan tidak melakukan pelanggaran dan pidana yang dapat mencoreng nama baik kesatuan.

“Jadikan semboyan Wajracyena (sikap hidup yang dilandasi dengan kepercayaan diri dan keikhlasan untuk melaksanakan dharma bhakti hingga paripurna) sebagai pedoman Korps Brimob Pelopor dalam melaksanakan tugas. Jaga nama kesatuan yang kita cintai ini dari pelanggaran dan pidana yang dapat mencoreng nama baik kesatuan,” pesannya.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengucapkan selamat HUT ke-62 Pelopor Korps Brimob Polri tahun 2021 dimana pun berada.

Terpisah (di Batam), Komandan Satuan (Dansat) Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri), Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mohamad Rendra Salipu S.I.K, M.Si, melalui Komandan Batalyon (Danyon) A Pelopor Satbrimob Polda Kepri Komisaris Polisi (Kompol) Darmin S.Sos, mengatakan kegiatan tersebut merupakan acara puncak memperingati HUT Pelopor yang ke 62 yang dipusatkan di Markas Besar (Mabes) Korps Brimob Polri, Depok, Jawa Barat.

“Kegiatan hari ini merupakan acara puncak memperingati HUT Pelopor yang ke 62 secara virtual dari pusat Korps Brimob Polri. Sebelumnya kita juga telah melaksanakan lomba ketangkasan lapangan Brimob antar Kompi. Setelah dilaksanakan lomba ketangkasan, kita juga melaksanakan pengambilan air suci dari pulau Penyengat dan kemudian dilaksanakan upacara pensucian Tunggul Batalyon A dan B Pelopor,” jelasnya.

Ia berpesan untuk selalu dapat meningkatkan kualitas dalam bertugas agar sesuai dengan harapan yang diinginkan.

“Saya pesan kepada personel Batalyon Pelopor Polda Kepri untuk selalu tingkatkan kualitas dalam bertugas agar sesuai harapan yang kita diinginkan. Untuk yang mendapatkan tugas pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua, semoga bisa menjalankan tugasnya dengan baik, aman, nyaman, dan kondusif,” ujarnya mengakhiri. (Ilh4m)

Pos terkait