Kunker di Batam, Presiden Tekankan Pentingnya Merawat dan Memelihara Hutan Mangrove

Presiden Joko Widodo melakukan penanaman mangrove bersama masyarakat di Pantai Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada Selasa, 28 September 2021

METROBATAM.COM, BATAM – Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. H Joko Widodo mendatangi Pulau Batam Kepulauan Riau dengan beragendakan Kunjungan Kerja (Kunker). Kedatang orang nomor satu di Indonesia itu di sambut baik oleh masyarakat Kepulauan Riau khususnya Kota Batam.

Dalam Kunjungan Kerja (Kunker) itu, Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk menanam pohon mangrove dan memelihara pohon tersebut.

Bacaan Lainnya

Presiden Republik Indonesia Ir. H . Joko Widodo mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk melestarikan hutan mangrove yang ada di Batam. Selain itu, pohon Mangrove juga sangat berguna bagi masyarakat di kalangan pesisir.

“Kita punya hutan mangrove terbesar di dunia. Artinya, Indonesia memiliki kekuatan hutan mangrove di dunia. Selain itu juga, kita perlu memelihara, merawat dan merehabilitasi nya sehingga, hutan mangrove kita ini terjaga,” kata Presiden Joko Widodo saat diwawancarai awak media Selasa (28/9/2021) di Pesisir pantai Setokok, kecamatan Bulang, Kota Batam, Kepri.

Dikatakan Presiden, potensi hutan mangrove ini sangat lah bagus. Pasalnya dapat menjaga pesisir pantai juga dapat mengurangi abrasi pada pantai tersebut.

“Mengapa Mangrove sangat penting untuk masyarakat Pesisir, sebab kekuatan hutan mangrove ini sangatlah penting. Kekuatan ini dapat menjaga area pesisir pantai, dapat mencegah terjadinya abrasi di bibir pantai,” katanya.

Ia juga mengatakan, sebanyak 49.500 bibit mangrove di tanah seluas 15 Hektare di Pesisir pantai Setokok kecamatan Bulang, Kota Batam.

“Kita menanam bibit mangrove sebanyak 49.500 bibit di tanah seluas 15 Hektare. Ini sangat luar biasa, dengan harapan dapat dipelihara dengan baik,” ucapnya.

Dalam kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Presiden itu, Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, Mensesneg Pratikno Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, Pangdam I Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Hassanudin, S, Korem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman beserta para tamu undangan lainnya. (Fai)

Pos terkait