Kunker ke Batam, Oknum Pengamanan Menhub Budi Karya Cekik dan Piting Jurnalis Liputan 6

METROBATAM.COM, BATAM – Kekerasan terhadap wartawan atau jurnalistik kembali terjadi. Kali ini menimpa seorang jurnalis atau reporter dari Liputan6.com, bernama Ajang Nurdin di wilayah Kota Batam.

Kejadian tersebut terjadi, ketika kontributor jurnalis Liputan6.com melaksanakan tugas peliputan saat Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI), Budi Karya di Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (16/9/2021).

Ajang Nurdin menerima aksi tak terpuji berupa pencekikan dan pemitingan dari salah seorang oknum pengamanan Menhub RI, saat meninjau dan mengunjungi Rumah Susun (Rusun) di kawasan Tanjunguncang, Kota Batam yang diperuntukan untuk kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia melalui Batam.

Ajang, sapaannya, mengaku dirinya terkejut dengan aksi yang dilakukan oknum pengamanan Menhub Budi Karya tersebut.

Bacaan Lainnya

“Awalnya, salah satu unsur pengamanan mencekik saya, sembari mendorong. Ketika itu saya berada di sekitar Menhub (Budi Karya). Kemudian ada unsur pengamanan lain yang memegang saya dari belakang, dan memiting saya,” kata Ajang, Kamis (16/9/2021).

Ketika itu, masih kata Ajang, dirinya sempat berusaha mendekati Menhub Budi Karya dalam kunjungan itu, dikarenakan keinginan untuk melakukan wawancara secara langsung.

“Saya hanya ingin wawancara door stop dengan Menhub. Tapi, begitu saya mendekat, saya langsung diperlakukan seperti itu oleh oknum penjagaan Menhub,” ujarnya.

Tidak hanya sampai disitu, pihak pengamanan Menhub Budi Karya sempat melakukan penahanan sementara kepada awak media tersebut, dengan cara mengerumuninya.

“Padahal saya sudah memakai seluruh perlengkapan yang menunjukkan identitas sebagai awak media. Tapi saat kejadian, saya masih ditanyai oleh para petugas pengamanan (saat dikerumuni, sambil dipiting bagian tangan saya),” ungkap Ajang.

Untuk diketahui, kunjungan kerja Menhub Budi Karya di Batam, pada hari ini Kamis (16/9/2021), dimulai dari rapat yang dilakukan bersama di ruang Very Important Person (VIP) Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Kemudian, kunjungan dilanjutkan ke Rusun Tanjunguncang yang saat ini digunakan sebagai lokasi karantina sementara bagi para PMI yang tiba dari Malaysia ke Indonesia melalui Batam.

Selanjutnya, kunjungan kerja Menhub Budi Karya diakhiri dengan meninjau Pelabuhan Internasional Batam Center guna kembali memantau persiapan pelabuhan sebagai salah satu pintu masuk dan keluar bagi Pekerja Migran Indonesia. (Ilh4m)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *