Rudi Optimistis Mewujudkan Batam Kota Transhipment

METROBATAM.COM. BATAM – Wali Kota sekaligus Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, optimistis mampu mewujudkan cita-cita Batam menjadi kota transhipment atau pusat bongkar muat alih kapal. Untuk mewujudkan itu, salah satunya dengan pembangunan pelabuhan.

“Kita harus sepakat, apa yang menjadi cita-cita pendahulu kita yang belum terwujud mulai kita wujudkan,” ujar Rudi saat meninjau pembangunan Pelabuhan Batu Ampar, Kamis (23/9/2021).

Rudi memahami potensi Selat Malaka dan Singapura yang banyak dilalui kapal. Untuk memaksimalkan potensi itu Batam harus bersaing dengan Singapura dan Malaysia yang memliki kapasitas pelabuhan peti kemas lebih besar.

“Kita tidak bicara bagaimana menyaingi negara tetangga. Tapi kita mulai bangkit bagaimana yang kapasitas saat ini, 450 ribu TEUz (twenty foot equivalent units), bisa naik paling tidak satu juta TEUz,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Namun, Rudi tidak menutup kemungkinan, peningkatan kapasitas pelabuhan akan terus dilakukan. Meski tak menyebutkan angka pasti, Rudi mengakui, untuk membangun pelabuhan menjadi sempurna membutuhkan anggaran sangat besar.

“Bertahap, sekarang kita mulai memperbaiki mana yang belum sempurna. Pelabuhan ini (Batu Ampar) harus bertaraf internasional,” ujarnya.

Bukan tanpa alasan Rudi membangun pelabuhan tersebut. Ia mengungkapkan, pelabuhan tersebut salah satu andalan pendapatan BP Batam di sektor Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). “Kondisi saat ini melihat dermaganya saja sudah pesimistis. Tapi kita bangkitkan lagi agar kelemahan ini bisa diperbaiki,” katanya.

Ia berharap, dengan pembangunan Pelabuhan Batu Ampar yang terus dikontrol, bisa terwujud dalam waktu 2-3 tahun ke depan agar dapat bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Batam secara keseluruhan.

“Karena anggarannya besar, bagaimana kita mencari tambahan supaya pembangunannya bisa dipercepat dan saya yakin bisa. Potensi di perairan Batam sangat besar dan belum digalih secara maksimal. Semoga kita punya semangat sama membangun Kota Batam,” kata Rudi.

Turut mendampingi Rudi, Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Syahril Japarin, Direktur Badan Usaha Pelabuhan, Dendi Gustinandar, Kepala Dinas Kominfo Batam, Azril Apriansyah, dan pejabat lainnya dari Pemko Batam dan BP Batam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *