Satgas TMMD 112 Kodim 0316/Batam Beri Penyuluhan ke Warga Kampung Teluk Air Setokok

Keterangan Gambar: Warga Kampung Teluk Air menghadiri penyuluhan koperasi dan hukum berdisiplin dalam berlalu lintas di Fasum Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Selasa (21/9/2021).

METROBATAM.COM, BATAM – Memasuki hari ke delapan pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam di Kampung Teluk Air, Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam, Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke-112 tahun 2021 Kodim 0316/Batam, melaksanakan kegiatan program non fisik.

Salah satu kegiatan program itu ialah memberikan penyuluhan tentang koperasi dan hukum berdisiplin dalam berlalu lintas kepada warga, pada Selasa (21/9/2021).

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro selaku Tim Penyuluhan dari Dinas Koperasi dan usaha kecil dan menengah (UKM) Kota Batam, Zulfikar, mengatakan, dalam penyuluhan itu pihaknya menjelaskan berbagai hal dan syarat untuk mendirikan sebuah koperasi bersama. Dimana untuk akte pendirian koperasi akan diajukan ke pemerintah pusat melalui notaris yang telah ditunjuk.

“Kalau untuk akte pendirian memang kewenangannya ditarik pemerintah pusat, kita melakukan fungsi kita sebagai pengawas dan penyuluh,” katanya, Rabu (22/9/2021).

Lanjutnya, dengan adanya program non fisik TMMD ke-112 tahun 2021 Kodim 0316/Batam di Kampung Teluk Air Setokok tentang penyuluhan koperasi, diharapkan warga akan mendapatkan bantuan permodalan dengan adanya koperasi di desanya kelak. Hal ini lebih baik untuk pedagang daripada mengutang kepada rentenir yang membebani bunga cukup tinggi.

“Kegiatan ini diikuti rata-rata dari kaum Ibu-ibu. Mereka sangat antusias sekali dalam memahami apa yang dikata tim penyuluhan. Semoga ini dapat bermanfaat bagi masyarakat disini,” ujarnya.

Sementara, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam, Kapten Infanteri (Inf) Terang Malam (TM) Tarigan, mengucapkan terima kasih kepada tim Penyuluhan karena telah memberikan pemahaman tentang koperasi dan hukum berdisiplin dalam berlalu lintas kepada warga Kampung Teluk Air Setokok.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Zulfikar yang mana telah berkenan memberikan penyuluhan tentang Koperasi di Kampung Teluk Air Setokok ini. Nelayan rumput laut, jika dikelola dengan baik maka bisa menghasilkan uang, dan salah satu cara pengelolaan yang baik adalah dengan membentuk kelompok koperasi yang nantinya bisa meningkatkan taraf hidup warga disini khususnya dan Bulang pada umumnya,” kata Kapten Inf TM Tarigan. (Ilh4m)

Pos terkait