TMMD ke-112 Tahun 2021 di Kampung Teluk Air Resmi Dibuka, Dandim 0316 Batam: Libatkan 150 Personel Gabungan TNI-Polri dan Pemerintah Daerah

Keterangan Gambar: Penyerahan alat-alat kerja kepada perwakilan masyarakat dan tim TMMD ke-112 tahun 2021 secara simbolis oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad (kiri), di Dataran lapangan Dendang Melayu, Jembatan 1 Barelang, Batam, pada Rabu (15/9/2021) pagi. Foto/Ilh4m/METROBATAM.COM

METROBATAM.COM, Batam – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, membuka langsung pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 yang difokuskan pengerjaannya di Kampung Teluk Air, Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang, Kota Batam.

Pelaksanaan pembukaan TMMD ke-112 tahun 2021 yang berlangsung di Dataran lapangan Dendang Melayu, Jembatan 1 Barelang, Batam, pada Rabu (15/9/2021) pagi, itu berlangsung dengan khidmat dan lancar. Acara diawali dengan pelaksanaan upacara, yang dipimpin oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

Bacaan Lainnya

Pembukaan ditandai penandatanganan naskah program TMMD oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dengan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam, Letnan Kolonel (Letkol) Korps Kavaleri (KAV) Sigit Dharma Wiryawan, yang juga sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-112. Kemudian dilanjutkan penyerahan alat-alat kerja kepada perwakilan masyarakat secara simbolis.

Pantauan di lokasi, pelaksanaan pembukaan kegiatan TMMD ke-112 tahun 2021 itu dihadiri Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP) Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Kepri Brigjen Pol Darmawan, Komandan Satuan (Dansat) Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mohamad Rendra Salipu, dan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Hang Nadim Letnan Kolonel (Letkol) Penerbang (Pnb) Iwan Setiawan.

Selanjutnya, Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider Khusus (RK) 136/Tuah Sakti (TS) Letnan Kolonel (Letkol) Inf Andi Ariyanto, Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Barelang Polda Kepri Komisaris Besar (Kombes) Pol Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, Kepala Badan Intelejen Negara Daerah (Kabinda) Provinsi Kepri Brigjen Pol R.C. Gumay, Perwakilan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri, Perwakilan Danlanud Raja Haji Fisabilillah (RHF), Tim TMMD ke-112, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan sejumlah pejabat pimpinan instansi vertikal serta pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam dan Kepri.

Keterangan gambar: Penandatanganan naskah program TMMD oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (kanan), dengan Dandim 0316/Batam, Letkol KAV Sigit Dharma Wiryawan, yang juga sebagai Dansatgas TMMD ke-112, di Dataran lapangan Dendang Melayu, Jembatan 1 Barelang, Batam, pada Rabu (15/9/2021) pagi. Foto/Ilh4m/METROBATAM.COM

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, sangat mengapresiasi dan mendukung program pelaksanaan TMMD ke-112 tahun 2021 ini dalam membangun negeri. Gubernur Ansar mengatakan, TMMD adalah merupakan salah satu program operasi bakti TNI yang dilaksanakan secara lintas sektoral dan terpadu dengan berbagai kementerian, lembaga pemerintahan non kementerian, Polri, pemerintah daerah beserta seluruh komponen masyarakat dengan sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan wawasan berbangsa serta bernegara melalui kegiatan fisik dan non fisik, khususnya di daerah-daerah terisolir, tertinggal, rawan bencana, daerah perbatasan, wilayah pasca konflik dan wilayah perkotaan yang kumuh.

“Ini sangat bagus, wujud kebersamaan. Meskipun leader TNI Angkatan Darat (AD), tapi semua TNI-Polri ikut gabung disini, termasuk dari elemen masyarakat. Nah, perpaduan seperti inilah yang kita harapkan. Insyaallah bisa mempercepat kebutuhan masyarakat, maka saya apresiasi sekali,” kata Gubernur Ansar, dihadapan awak media yang hadir.

Sementara, Dandim 0316/Batam, Letkol KAV Sigit Dharma Wiryawan, mengatakan, pelaksanaan TMMD ke-112 tahun 2021 kali ini melibatkan sebanyak 150 personel gabungan dari TNI-Polri.

“Selain itu dari Pemerintah Daerah (Pemda), semuanya kita libatkan. Untuk masyarakat (setiap hari yang ikut di lapangan), kurang lebih 100 sampai dengan 150 orang,” ujar Dandim 0316/Batam, ketika ditemui di lokasi usai kegiatan.

Adapun TMMD tahun ini, beberapa program yang dilaksanakan di antaranya membuka jalan baru sebagai akses warga Kampung Teluk Air, pengerasan jalan sepanjang 1.700 meter x 8 meter. Selain itu, semenisasi di sepanjang 200 x 4,2 m dan pemasangan gorong-gorong (0,80) di satu titik dengan ukuran 2 x 15 m.

Danrem 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, melalui Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 033/WP, Mayor Inf Reza Fahlevi, mengatakan, selain sasaran fisik, kegiatan TMMD tahun ini juga berupa non fisik yakni seperti penyuluhan kesehatan, pertanian, sosialisasi wawasan kebangsaan, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), pendidikan, penanganan penyebaran Virus Covid-19, Stunting (kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu), penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba dan hukum disiplin berlalu lintas, serta pemberian bantuan sosial (bansos).

“Kami berharap masyarakat senantiasa mendukung kelancaran program TMMD ke-112, guna untuk mensejahterakan serta membangun kampung agar lebih baik lagi,” ujarnya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, yang juga menghadiri pembukaan TMMD ke-112 itu juga mendukung dan membantu menggelontorkan Rp1,8 miliar untuk menyukseskan TMMD tersebut.

Rudi berharap, dengan suksesnya TMMD akan memberikan dampak positif bagi warga setempat melalui program fisik maupun non fisik.

“Kami sangat mendukung program ini, selain membantu personel dari Pemko Batam, kami juga menggelontorkan Rp1,8 miliar untuk menyukseskan TMMD. Secara fisik, ada pembukaan akses jalan menuju permukiman masyarakat. Mudah-mudahan dalam waktu satu bulan ke depan sudah selesai,” ujarnya.

Usai pembukaan TMMD ke-112 tahun 2021, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, dan Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, Dandim 0316/Batam Letkol KAV Sigit Dharma Wiryawan, Wali Kota Batam Muhammad Rudi berserta tamu undangan lainnya berkesempatan melihat langsung pelaksanaan vaksinasi dan penyerahan bantuan paket sembako kepada masyarakat sekitar. (Ilh4m)

Pos terkait