Corong Penyampaian Informasi kepada Masyarakat Luas, Tim Dewan Pers Lakukan Verifikasi Faktual Media Metrobatam.com

Keterangan gambar: Tim Verifikasi Dewan Pers Jakarta, Rustam Fachri Mandayun (kanan) dan Maria Susilawati (dua dari kiri, hijab coklat), melakukan pemeriksaan berkas-berkas media Metrobatam.com, Kamis (28/10/2021). Foto/Metrobatam.com

METROBATAM.COM, BATAM – Tim Verifikasi Dewan Pers Jakarta, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yakni Batam. Hal ini untuk melakukan verifikasi menuju faktual di Dewan Pers Jakarta kepada tujuh (7) Media Online di Kota Batam.

Adapun salah satu media online yang dilakukan verifikasi secara faktual dan tercatat di Dewan Pers Jakarta ialah media Metrobatam.com yang beralamat di Kompleks Rumah Toko (Ruko) Grand California, Blok F, Nomor 1, tepatnya di depan Sekolah Harapan Utama (HU), Batam Center, Batam, Kepri.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan tahap verifikasi menuju faktual itu dilakukan selama dua hari, sejak Rabu hingga Kamis (27-28/10/2021). Tim Verifikasi Dewan Pers Jakarta itu ialah Rustam Fachri Mandayun dan Maria Susilawati.

Kedatangan tim Verifikasi Dewan Pers Jakarta disambut hangat Pemimpin Perusahaan, Hendri Basyrah, didampingi Pimpinan Redaksi (Pimred), Budi Arifin bersama Redaktur Pelaksana, Arizki Fil Bahri beserta kru, staf, dan redaksi lainnya.

Di kantor Metrobatam.com, Tim Verifikasi Dewan Pers Jakarta melakukan pengecekan terhadap seluruh berkas, berita dan melakukan beberapa serangkaian pertanyaan guna penunjang proses tahapan verifikasi media (online) menuju faktual.

Selain itu, Tim Verifikasi Dewan Pers Jakarta juga memberikan edukasi kepada wartawan Metrobatam.com yang bertugas di lapangan agar selalu profesional dan menjunjung tinggi nilai-nilai kode etik pers saat melaksanakan tugas peliputan di lapangan.

Keterangan gambar: Tim Verifikasi Dewan Pers Jakarta, Rustam Fachri Mandayun (baju kemeja putih) memberikan edukasi kepada wartawan Metrobatam.com

Pimpinan Redaksi, Budi Arifin, mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Verifikasi Dewan Pers dari Jakarta yang telah berkunjung di kantor Metrobatam.com guna melakukan proses verifikasi menuju faktual. Ia berharap ke depannya Metrobatam.com dapat menjadi corong dan dapat berkontribusi dalam publikasi penyampaian informasi kepada masyarakat luas.

Keterangan gambar: Salah satu Tim Verifikasi Dewan Pers Jakarta, Maria Susilawati (kanan), memeriksa dokumen media Metrobatam.com, Kamis (28/10/2021). Foto/Metrobatam.com

“Terima kasih kepada perwakilan tim verifikasi dari Dewan Pers Jakarta yang sudi datang menyempatkan waktu untuk memverifikasi media kami. Semoga ke depannya media kami (Metrobatam.com) dapat menjadi corong dan berkontribusi dalam pembangunan di Provinsi Kepri,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Pemimpin Perusahaan, Hendri Basyrah, mengatakan, hal tersebut sebagai langkah untuk mendapatkan predikat terverifikasi dari Dewan Pers dan menjadikan Metrobatam.com lebih baik lagi ke depannya dalam memberikan informasi melalui media online kepada masyarakat khususnya di Kepulauan Riau dan Batam.

“Predikat ini (verifikasi dewan pers) sebagai bukti bahwa perusahaan media menjaga kepercayaan publik atas informasi-informasi berita yang dituangkan secara digital (online). Saya mewakili seluruh staf dan redaksi Metrobatam.com mengucapkan terima kasih kepada Tim Verifikasi Dewan Pers Jakarta atas kunjungannya di kantor kami. Semoga edukasi dan pengetahuan yang diberikan dapat memotivasi kami agar ke depannya lebih baik lagi dalam penyampaian informasi berita kepada masyarakat,” ujarnya. (Ilh4M)

Pos terkait