Danrem 033/WP Bersama Pangdam I/BB dan Altar 89 di Batam Lepas Rombongan Pendistribusian Bantuan 18 Ribu Paket Sembako

Keterangan Gambar: Pelepasan rombongan Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mendistribusikan 18 ribu paket sembako untuk masyarakat terdampak Covid-19 di Batam. Foto/Ilh4m/METROBATAM.COM

METROBATAM.COM – Komandan Resor Militer (Danrem) 033/Wira Pratama (WP), Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Jimmy Ramoz Manalu, mendampingi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB), Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Hassanudin, bersama Alumni Akademi Angkatan Bersenjata (AKABRI) 1989 atau dikenal dengan Altar 89, melepas rombongan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk mendistribusikan bantuan sosial (Bansos) 18 ribu paket sembako yang diperuntukkan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Batam.

Pantauan di lokasi, sebelum pelaksanaan pelepasan petugas pendistribusian Bansos itu, Pangdam I/BB bersama Altar 89 menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako kepada 20 perwakilan masyarakat di Batam dari berbagai kalangan, seperti driver gojek online, petugas kebersihan, buruh, para pedagang, hingga warga yang membutuhkan bantuan akibat pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan tersebut berlangsung di aula Graha Tuah Sakti, Markas Komando (Mako) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus (RK) 136/Tuah Sakti (TS), Jalan Trans Barelang, Tembesi, Sagulung, Batam, yang disiarkan langsung terpusat dari Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Adapun kegiatan itu mengangkat tema Pengabdian 33 Tahun TNI-Polri Altar 89, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Sementara pembagian ribuan paket sembako itu nantinya untuk masyarakat di wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) yakni Riau, Kepulauan Riau (Kepri), Sumatera Utara, dan Sumatera Barat yang secara khusus terdampak dari pandemi Covid-19.

Selain melaksanakan kegiatan bansos, Altar 89 juga menggelar kegiatan Vaksinasi Massal. Sebanyak 12.000 dosis vaksin jenis Sinovac dan AstraZeneca disiapkan pihak penyelenggara untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan vaksinasi Covid-19. Hal ini untuk mendukung pemerintah dalam pencapaian vaksinasi secara nasional.

Danrem 033/WP, Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan Altar 89 dalam meringankan beban masyarakat secara khusus terdampak dari pandemi Covid-19 dan membantu dalam hal mendapatkan layanan vaksinasi.

“Diharapkan bantuan ini dapat sedikit membantu dan meringankan beban masyarakat, walaupun kita tahu dampak ini luar biasa dan semoga bantuan yang disalurkan oleh Altar 89 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menerimanya,” kata Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu, di lokasi pelepasan pendistribusian paket sembako.

Di lokasi yang sama, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, mengatakan, dampak pandemi Covid-19 masih terasa hingga saat ini di tengah masyarakat. Altar 89 berkomitmen untuk terus bergerak membantu meringankan beban masyarakat melalui pembagian sembako.

“Alhamdulilah, pasa hari ini, Altar 89 menyelengarakan bakti sosial dan vaksinasi Covid-19. Ini bentuk partisipasi kami dalam membantu masyarakat yang terdampak Covid-19,” kata Mayjen TNI Hassanudin.

Lanjut Pangdam I/BB, bahwa, kegiatan tersebut dalam rangka Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-76. Selain itu, lanjut Pangdam I/BB, kegiatan itu akan terus menerus dilakukan dan berkesinambungan ke depannya.

“Kami (AKABRI 89) turut serta 33 tahun pengabdian melaksanakan kegiatan bakti sosial dan vaksinasi yang tersebar di seluruh Indonesia sesuai tempat penugasan kami masing-masing,” ujarnya yang juga sebagai Ketua Altar 89 Daerah Sumbagut.

Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kaskogabwilhan) I Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar, Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Kapolda Kepri) Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Drs. Aris Budiman, dan perwakilan Altar 89, melepas rombongan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk mendistribusikan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah Batam.

Turut menghadiri dalam kegiatan tersebut di antaranya Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kaskogabwilhan) I Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar, Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Kapolda Kepri) Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Drs. Aris Budiman, dan perwakilan Altar 89.

Selanjutnya, Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) RK 136/TS, Letnan Kolonel (Letkol) Infanteri (Inf) Andi Ariyanto, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam Letkol Korps Kavaleri (KAV) Sigit Dharma Wiryawan, Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Barelang Komisaris Besar (Kombes) Pol Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad, serta pejabat terkait lainnya. (Ilh4m)

Pos terkait