Jelang Hari Dharma Karyadhika ke-76 Tahun, Kemenkumham se-Kota Batam Gelar Ziarah dan Tabur Bunga

Keterangan gambar: Kepala LPKA Klas II Batam, Novriadi. B (kiri), menabur bunga di salah satu makam pahlawan kemerdekaan Indonesia di Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Bulang Gebang, Bukit Tempayan, Batuaji, Batam, Kepri, Selasa (4 26/10/2021).

METROBATAM.COM, BATAM – Unit Pelaksana Tenis (UPT) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) se-Kota Batam melaksanakan upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti Bulang Gebang, Jalan Letjen Suprapto, Bukit Tempayan, Batuaji, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (26/10/2021).

Ziarah dan tabur bunga yang dilakukan tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ke-76 tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2021 mendatang.

Bacaan Lainnya

Upacara tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 serta dihadiri sejumlah pejabat terkait lainnya. Di antaranya Kepala UPT Pemasyarakatan, Imigrasi dan Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Kepulauan Riau (Badiklatkumham Kepri), Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Batam, Novriadi. B, dan beserta pejabat struktural Eselon IV LPKA Klas II Batam.

Sementara, yang bertindak sebagai pemimpin upacara ialah Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam, Ibnu Ismoyo.

“Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HDKD ke-76 tahun 2021 dan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya,” kata Novriadi kepada media ini.

Lanjut Novriadi, mengatakan bahwa, tujuan upacara tersebut, untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan salah satu bentuk wujud penghargaan kepada jasa-jasa para leluhur dan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara RI,” ungkapnya.

Dalam prosesi upacara ziarah dan tabur bunga itu, Kepala beserta pejabat struktural Eselon IV LPKA Klas II Batam turut mendoakan agar arwah para pahlawan revolusi diberikan tempat yang layak di sisi-Nya.

“Pesan saya kepada petugas UPT LPKA Klas II Batam (Kemenkumham se-Kota Batam) agar bisa mengambil nilai-nilai teladan dari para pahlawan bangsa yang telah mendahului kita. Ini adalah penghargaan kita kepada para terdahulu, dan ke depannya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, kepala beserta rombongan juga melakukan renungan dan tabur bunga di beberapa makam pahlawan kemerdekaan Indonesia.

Sebelumnya, pada Kamis (21/10/2021) beberapa waktu lalu, LPKA Klas II Batam dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Klas IIB Batam telah melaksanakan rangkaian kegiatan HDKD ke-76 tahun 2021 di antaranya bakti sosial (Baksos) pembagian 36 paket sembako kepada masyarakat yang disalurkan di lima (5) lokasi berbeda di Kota Batam dan juga kepada keluarga LPKA Klas II Batam yang terdampak Covid-19 di Kota Batam.

Selain itu, 30 pegawai LPKA Klas II Batam juga melaksanakan donor darah di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tembesi Barelang, Batam. Kemudian menyalurkan tiga (3) paket zakat hasil dari pengumpulan pegawai muslim LPKA Klas II Batam di Rumah Tahfiz Baitul Quran di Bengkong Sadai dan Majelis Talim Masjid Miftahul Jannah Perumahan Ricci Tahap I RW XV, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, dan Rumah Tahfiz Al Hijrah Batam Perumahan Pesona Rhabayu Tiban 5, Batam.

Selanjutnya peresmian renovasi gedung ibadah di LPKA Klas II Batam dan LPP Klas IIB Batam (Gereja Oikumene) bagi warga binaan dan petugas yang beragam non muslim di LPKA Klas II Batam dan LPP Klas IIB Batam. (Ilh4m)

Pos terkait