Karang Taruna Kecamatan Bengkong Bersama Perjamu Madani dan Pawala Batam Gelar Sunatan Massal

METROBATAM.COM – Persatuan Jawa Melayu (Perjamu) Madani dan Paguyuban Warga Lamongan (Pawala) di Kota Batam mengadakan Khitanan (sunatan) Massal bagi masyarakat kurang mampu, dan anak yatim piatu di Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Batam.

Adapun kegiatan itu diikuti sebanyak lebih kurang 25 peserta yang di dominasi anak-anak usia 7 hingga 12 tahun, yang dilaksanakan di halaman depan Musala Quba An Nasir, Bengkong Abadi Baru, Jalan Melati, Blok C 01-9C, sejak pagi hari hingga selesai, Sabtu (16/10/2021).

Bacaan Lainnya

Acara itu bekerja sama dengan pihak Karang Taruna Kecamatan Bengkong dan pengurus Musala Quba An Nasir Bengkong Abadi Baru. Sementara, dalam pelaksanaannya, pihak penyelenggara tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Hal tersebut sebagai upaya meminimalisir dan mencegah penyebaran wabah Corona Virus Disease2019 atau yang dikenal Covid-19.

Pantauan di lokasi, acara dibuka dengan pembacaan basmalah dan doa bersama agar pelaksanaan kegiatan berjalan lancar. Pelaksanaan Khitanan Massal tersebut dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat salah satu bentuknya ialah kegiatan khitanan massal.

Ketua Yayasan Perjamu Madani, Abdul Malik, mengatakan, kegiatan tersebut salah satu bentuk memberikan manfaat kepada masyarakat di Batam sesuai dengan motto ialah Kami Hadir Memberi Solusi, Bukan Untuk Membebani.

“Alhamdulillah kami atas nama pengurus Yayasan Jawa Melayu Madani, bekerja sama dengan warga di Kelurahan Tanjung Buntung, unsur Paguyuban Warga Lamongan dan pemuda Karang Taruna Kecamatan Bengkong, telah menyelenggarakan khitanan massal. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi awal kami membuka, mengabdi, dan memberikan manfaat kepada masyarakat yang ada disini (Kelurahan Tanjung Buntung),” kata Abdul Malik, saat ditemui METROBATAM.COM di lokasi.

Di lokasi yang sama, Ketua Pawala, Arif Setiawan, menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan khitanan massal ialah untuk memberikan manfaat kepada sesama yang membutuhkan, seperti anak yatim piatu, dan panti asuhan.

“Ini termasuk Bakti Sosial kami, untuk berbagi terhadap sesama. Nah ini bakti sosial kami (Paguyuban Warga Lamongan) yang kedua kalinya, yang pertama di Kampung Belian, Batam Kota, dan yang kedua disini (Kelurahan Tanjung Buntung). Mungkin yang ketiga di Batam Center dan akan berkelanjutan dengan sasarannya kepada masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Sementara, Ketua Karang Taruna Muhammad Hakim melalui Wakil Ketua Karang Taruna, Zen, menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dalam menyelenggarakan kegiatan khitanan massal di Kelurahan Tanjung Buntung.

“Kami dari unsur Karang Taruna Kecamatan Bengkong, mengucapkan terima kasih banyak kepada Yayasan Perjamu Madani dan Pawala di Kota Batam yang telah mengadakan kegiatan khitanan massal di tempat kami,” kata Zen.

Dikatakan Zen, Karang Taruna Kecamatan Bengkong memiliki kegiatan sosial seperti kesenian, hardroch (kompang) dan kegiatan Jumat Berkah yang sudah berjalan selama tiga bulan sebelumnya.

Dalam kesempatan tersebut, Zen berharap, gebrakan yang dilaksanakan di masa pandemi Covid-19 ini, mampu membangkitkan semangat sosial anak-anak muda di wilayah Bengkong Abadi Baru, khususnya semua pengurus Karang Taruna Kecamatan Bengkong.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkesinambungan. Sekali lagi, saya mewakili Karang Taruna Kecamatan Bengkong mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Jawa Melayu dan Pawala yang telah mensupport dan menambah kegiatan kami untuk Karang Taruna Kecamatan Bengkong,” katanya.

Terpisah, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Bengkong, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Bob Ferizal, mengapresiasi kerja-kerja sosial yang dilakukan oleh Persatuan Jawa Melayu Madani, Paguyuban Warga Lamongan di Kota Batam dan Karang Taruna Kecamatan Bengkong.

“Kami (Polsek Bengkong) sangat mengapresiasi kerja sosial dari Perjamu, Pawala dan Karang Taruna Kecamatan Bengkong. Mudah-mudahan ini menjadi contoh yang bagus, serta motivasi bagi pengurus Karang Taruna lainnya di wilayah Bengkong,” ujarnya.

Keterangan gambar: Wakil Ketua Karang Taruna Kecamatan Bengkong, Zen, (baju batik), saat mendampingi salah seorang peserta khitanan massal. Foto/Ilh4m/METROBATAM.COM

Kegiatan itu dihadiri oleh Camat Bengkong Fairuz Batu Bara, Lurah Tanjung Buntung Ardiansyah, Ketua RW 014 Kelurahan Tanjung Buntung, Ketua RT 03 Sanaji dan Pengurus Musala Quba An Nasir. (Ilh4m)

Pos terkait