Sebanyak 4000 PKL dan Warung Terima BTPKLW TNI di Kodim 0316 Batam

METROBATAM.COM, BATAM – Akibat serangan Covid-19 di Kota Batam, para pedagang kaki lima dan warung mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah. Untuk memberikan dukungan bagi pelaku usaha khususnya sektor usaha mikro, kecil dan menengah, Pemerintah telah meluncurkan program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW). Bantuan ini secara khusus menyasar ke Seluruh Kecamatan yang ada di Kota Batam.

Sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Tahun 2021. Bantuan tersebut kini sudah di jalankan oleh pemerintah kota Batam secara merata.

Bacaan Lainnya

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang di instruksikan langsung dari Presiden Republik Indonesia (RI) untuk masyarakat terdampak Covid-19. Untuk khusus di Batam itu sendiri yang sedang kita jalankan total 8.500 pedang Kaki lima (PKL).

“Ada sebanyak 8.500 pedagang yang sudah kita berikan bantuan. Kami berterima kasih kepada seluruh jajaran yang telah membantu dan memperjuangkan kota Batam sehingga kota batam sampai saat ini sudah menjadi level 1,” kata Amsakar saat menghadiri launcing BTPKLW Di Markas Kodim 0316 Kota Batam. Selasa,(19/10/2021).

Dikatakan Amsakar, pihaknya berharap dengan adanya bantuan ini masyarakat dapat mempergunakan dana tersebut dengan sebaiknya. Pihaknya juga berharap kota batam akan terus maju dalam pemulihan ekonomi stabil.

“Bantuan ini termasuk dalam program pemerintah yaitu Pemulihan Ekonomi Nasional yang mana jajaran TNI Polri menyalurkan bantuan ini kepada masyarakat. Bantuan ini berupa Uang Tunai sebesar Rp1.200.000,- yang dibagikan setiap satu orangnya,”katanya.

Ditempat yang sama, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316 Batam Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan menyampaikan beberapa teknis yang di lakukan anggotanya di lapangan dalam mendata para pelaku pedagang kaki lima (PKL).

“Awalnya kita turun langsung ke lapangan untuk mendata semua pedagang kaki lima di setiap kecamatan. Nah untuk data itu masing masing kecamatan mendapatkan kouta 330 orang. Dari 12 kecamatan yang kami data, jumlah keseluruhan mencapai 4000 orang,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, sebelum jajaran TNI, Tim Polresta Barelang sebelumnya sudah menyalurkan bantuan tersebut ke masyarakat dengan total 4.500 orang dari seluruh kecamatan.

“Sebelum Kodim menyalurkan, jajaran Polresta Barelang lebih dulu menyalurkan bantuan ini. Teknis di lapangan juga kami mendata penerima apakah sudah pernah menerima bantuan atau belum. Jika sudah maka di data online akan berwarna merah dan jika belum maka datanya berwarna hijau,” pungkasnya. (Fai)

Pos terkait