Gelar Pelangi Nusantara, Lanud Hang Nadim Berkolaborasi dengan Pemko Batam

METROBATAM.COM, BATAM –  Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim Batam berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam akan menggelar kegiatan Pelangi Nusantara 2021 Batam Second Floor Fest yang akan dilaksanakan 25-28 November 2021 mendatang. Kegiatan tersebut berlokasi di Bukit Gendang, Rempang, Galang.

Kepala Dinas Personel Lanud Hang Nadim Batam, Kapten Adm Asta menyampaikan kegiatan Pelangi Nusantara merupakan event tahunan TNI Angkatan Udara sebagai bentuk konkret aksi peduli kepada masyarakat. Kegiatan berlangsung sejak tahun 2014, event pertama berlangsung di Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

“Pelangi Nusantara event tahunan untuk pengembangan wisatawan dirgantara sekaligus untuk pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Dipilihnya Batam sebagai lokasi kegiatan Pelangi Nusantara karena Batam dikenal sebagai kota pariwisata. Pada tanggal 27 November nanti, akan ada peresmian Aerosport Bukit Gendang Pulau Rempang.

Ia menyebut, kegiatan ini akan dimeriahkan berbagai acara seperti fun fly, lomba foto, lomba layang-layang, bakti sosial, penghijauan, dan Drone exhibition. Untuk bakti sosial, Lanud Hang Nadim akan membagikan 2.000 paket sembako untuk masyarakat Kota Batam dan memberikan tengki water treatment kepada Pemko Batam.

Tak hanya itu ada Batam Expo dan Fashion Show yang bekerjasama dengan Disbudpar Kota Batam. “Pada tanggal 27 nanti akan diresmikan Pusat Aero Sport Batam dan penandatangan prasasti. Kegiatan bakal dihadiri Kasau (Kepala Staf TNI Angkatan Udara), Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf),” terangnya.

Wisata paralayang ini akan dikembangkan dan menjadi wisata baru untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. ” Wisata ini seperti domino semua kena. Wisatawan yang ingin mencoba paralayang, mereka akan menginap ke hotel dulu, lapar mereka cari restoran,” ujarnya.

Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Lanud Hang Nadim Batam. Menurutnya kegiatan ini kegiatan yang unik yakni wisata berada di ketinggian.

“Luar biasa, aktivitas dirgantara yang dikemas pariwisata,” katanya.

Wisata paralayang ini merupakan wisata baru yang menarik untuk wisatawan. Artinya dengan adanya aerosport bertambah lagi wisata Batam, selain wisata bahari, wisata belanja, ekowisata, dan sebagainya.

“Kini Batam punya wisata udara, air, darat,” pungkasnya. (mcb/fai)

Pos terkait