Semarakkan HUT Korps Marinir ke-76, Batalyon Infanteri 10/SBY Gelar Fun Games dan Pembersihan di Taman Kolam Sekupang Batam

Keterangan gambar: Peserta gabungan dari berbagai instansi Pemerintah, TNI dan Polri saat mengikuti kegiatan lomba dayung perahu karet di Taman Kolam Sekupang, Jalan RE Martadinata, Tanjung Pinggir, Kecamatan Sekupang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (18/11/2021). Foto/Ilh4m Sawalludin/METROBATAM.COM

METROBATAM.COM, BATAM – Dalam menyemarakkan dan memeriahkan hari Dirgahayu Korps Marinir yang ke-76, Batalyon Infanteri (Yonif) Marinir 10/Satria Bhumi Yudha (SBY) menggelar berbagai kegiatan lomba di Taman Kolam Sekupang, Jalan RE Martadinata, Tanjung Pinggir, Kecamatan Sekupang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (18/11/2021).

Kegiatan itu mengusung tema Sinergitas Antarinstansi Pemerintah Kota Batam dan TNI-Polri untuk mewujudkan Batam sebagai Bandar Dunia Madani yang berdaya saing maju, sejahtera, dan bermartabat.

Bacaan Lainnya

Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Marinir 10/SBY, Letnan Kolonel (Letkol) Marinir Briand Iwan Prang, mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk mendukung visi dan misi Korps Marinir dalam meyakinkan pengabdian kepada Ibu Pertiwi untuk Indonesia Tangguh, dan Indonesia Tumbuh.

“Pada kegiatan yang luar biasa ini, khususnya melibatkan instansi pemerintah, TNI dan Polri di wilayah Batam. Kami (prajurit Yonif Marinir 10/SBY) memiliki tujuan dalam mendukung apa yang menjadi visi dan misi Korps Marinir. Nah bentuk utamanya adalah bagaimana Marinir bisa berintegrasi dan berinteraksi dengan pemerintah, institusi TNI maupun Polri lainnya dengan diadakan ke lingkungan,” kata Letkol Mar Briand Iwan Prang di lokasi.

Keterangan gambar: Pemotongan tumpeng oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (dua dari kanan), dalam acara Dirgahayu Korps Marinir yang ke-76, di Taman Kolam Sekupang, Jalan RE Martadinata, Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam, Kepri, Kamis (18/11/2021). Foto/Ilh4m/METROBATAM.COM

Lanjut Danyonif Marinir 10/SBY, tak bisa dipungkiri Batalyon Infanteri 10 adalah satuan tempur sebagai bagian komplimen kepada kemampuan taktis, teknis, dan operasional, pihaknya juga melaksanakan fungsi yang humanis agar dapat mendukung masyarakat dan pemerintah setempat.

“Saya berterima kasih atas bimbingan dan arahan dari Pemerintah Kota Batam (Bapak Wali Kota Batam, Muhammad Rudi) dan juga kerja sama dari instansi terkait lainnya khususnya dengan masyarakat. Semoga aset di wilayah Sekupang ini bisa terjaga dan memaksimalkan capaian visi misi Pemerintah Kota Batam untuk memajukan dan mensejahterakan bersama,” ujarnya.

Keterangan gambar: Prajurit Yonif Marinir 10/SBY melakukan pembersihan area lokasi seusai melaksanakan kegiatan menyemarakkan hari Dirgahayu Korps Marinir yang ke-76, di Taman Kolam Sekupang, Jalan RE Martadinata, Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam, Kepri, Kamis (18/11/2021). Foto/Ilh4m/METROBATAM.COM

Pantauan di lokasi, dalam menyemarakkan dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Korps Marinir, Yonif Marinir 10/SBY menyelenggarakan serangkaian kegiatan baik terpusat di Markas Komando (Mako) Korps Marinir (Kormar) Jakarta, mau di Batam.

Kegiatan terpusat yang dilaksanakan antara lain pertandingan menembak, rangkaian acara tradisi dan upacara. Sementara di wilayah Batam, pihaknya mengadakan kegiatan internal olahraga dan pembersihan wilayah.

“Kita mengikuti kegiatan terpusat di Jakarta dan di Batam. Nah untuk di wilayah Batam sendiri, kita melaksanakan kegiatan internal olahraga dan pembersihan wilayah. Ini kegiatan sinergitas, baik bentuknya membersihkan wilayah, berpatroli bersama, dan khususnya fokus dengan pencapaian menjaga protokol kesehatan demi menjaga kesehatan dan keselamatan kita bersama,” katanya saat diwawancarai sejumlah awak media yang hadir.

Adapun kegiatan internal olahraga tersebut yakni melaksanakan fun games yang diikuti gabungan dari berbagai instansi di Kota Batam baik dari TNI-Polri. Fun game yang diadakan pihaknya yakni lomba air dan lomba darat.

Lomba air itu yakni dayung perahu karet, dan tarik tambang perahu karet. Sedangkan lomba daratnya adalah memindahkan bola pimpong dari pipa dan memindahkan sarung dengan cara estafet.

Kegiatan tersebut diikuti dari berbagai instansi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam baik dari satuan TNI dan Polri, di antaranya Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), Satuan Brigade Mobil (Satbrimob) Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri), Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus (RK) 136/Tuah Sakti (TS), Imigrasi, Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Hang Nadim, Badan Pengusahaan (BP) Batam, Yonif Marinir 10/SBY, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Batam, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Barelang dan Direktorat Pengamanan (Ditpam) BP Batam.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri juga Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam, Nuryanto.

Dalam kesempatan tersebut, keduanya mengucapkan selamat HUT ke-76 Korps Marinir, Mengabdi kepada Ibu Pertiwi, untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

(Ilh4m)

Pos terkait