SMPN 1 Palmatak dan Masyarakat Tanam 300 Bibit Mangrove

METROBATAM.COM, ANAMBAS – Penanaman 300 Bibit Mangrove oleh SMPN 1 Palmatak kabupaten kepulauan Anambas dan Berbagai Lapisan Masyarakat pada Peringatan Hari Menanam Pohon.

SMP Negeri 1 Palmatak sebagai sekolah yang menerapkan gerakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, Sabtu (27/11/21) pagi.

Bacaan Lainnya

Bersama PGRI Kecamatan Palmatak dan DISHUBLH Kabupaten Kepulauan Anambas, dalam rangka memperingati hari menanam pohon bersempena dengan peringatan HUT Ke-76 PGRI, melakukan kegiatan Bakti Untuk Lingkungan dalam bentuk Gerakan Penanaman 300 Bibit Mangrove.

Lokasi bertempat di Pantai Mudoi, Desa Putik, Pada Gerakan Penanaman mangrove ini, SMP Negeri 1 Palmatak, mencoba merangkul seluruh lapisan masyarakat agar ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Adapun pihak yang terlibat meliputi Kepala Desa Putik dan seluruh perangkat desanya, BPD, Ketua RT dan Ketua RT setempat, Tim PKK, Kader Desa, Karang Taruna, Remaja Mesjid, Polsek, Koramil, serta seluruh sekolah TK, SD, SMP serta SMA Se-kecamatan Palmatak, yang diwakili oleh Kepala Sekolah, Pembina beserta perwakilan dari siswa.

Tujuan pelibatan banyak pihak dari stakeholder dan berbagai lapisan masyarakat adalah untuk menanamkan karakter kepedulian seluruh warga terhadap lingkungan.

Sementara itu tujuan dari penanaman Mangrove yang dijadikan bentuk kegiatan, dikarenakan masih kurang pengetahuan warga akan keberadaan dan fungsi dari mangrove sendiri.

Kepala Korwil DISDIKPORA Kecamatan Palmatak Agustian, yang mewakili SMPN 1 Palmatak dan juga selaku Pembina PGRI Cabang Kecamatan Palmatak, dan Yohanses dari DISHUBLH dalam kata sambutannya, menyampaikan bahwa sangat penting untuk menanam mangrove.

Hal ini mengingat karena kita tinggal di wilayah pesisir pantai, Pada Kegiatan Bakti Lingkungan kali ini, Siswa-siswi SMPN 1 Palmatak dan Guru Pendampingnya, Ibu Remiana, dalam aksi kali ini tidak hanya sekedar melakukan gerakan, namun mereka juga berorasi dan beratrkasi. Pada orasinya yang diwakili oleh Duta Lingkungan SMP (Cinta), memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan dan tentang pentingnya tanaman mangrove itu sendiri.

Duta Lingkungan SMPN 1 Palmatak, Cinta dalam orasinya, memaparkan bahwa mangrove dapat menyelamatkan kita dari masalah abrasi pantai. Kemudian mangrove berfungsi untuk menjaga kelestarian ekosistem laut.

Menginat mangrove merupakan tempat hidup beberapa biota laut Akar pohon Mangrove dapat menyaring atau memisahkan air asin agar tidak bercampur dengan air tawar, sehingga air tawar tidak menjadi payau.

Dan mangrove di wilayah pesisir sangat berperan besar dalam mengatasi permasalahan emisi karbon dan pencemaran udara.

 

Pada kesempatan ini, Ketua PGRI Kec Palmatak yang di ketuai oleh Tati Hariati menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMPN 1 Palmatak yang telah melibatkan PGRI Kecamatan Palmatak dalam kegiatan ini.

Tati berharap semoga kegiatan ini dapat memulihkan atau memperbaiki kualitas serta mempertahankan hutan mangrove, kegiatan ini juga diharapkan dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologis dan ekonomis” terang Tati.

Pesan dan harapan yang sama juga disampaikan oleh Kasi Pengawasan, Perencanaan dan Penanganan Lingkungan Hidup DISHUB LH, Pak Yohanes.

Yohanes berharap gerakan dan aksi-aksi untuk lingkungan seperti ini agar kedepannya dapat terus dilakukan. Dan apa yang sudah dilakukan SMPN 1 Palmatak dapat menjadi motivasi serta contoh untuk sekolah-sekolah untuk menerapkan program sekolah peduli dan berbudaya lingkungan di sekolahnya ucap Yohanes. (P3ndy)

Pos terkait