Camat Midai : Penumpang Kapal Motor yang Tenggelam di Perairan Serayak Berhasil Dievakuasi

METROBATAM.COM, NATUNASemua ABK Kapal Motor KM.Lira 2 berhasil dievakuasi dengan selamat. Menggunakan KM Fisabilillah milik kecamatan Midai, pada Selasa (28/12/2021).

Kronologis kejadian, pada hari Minggu tgl 26 Desember 2021,KM. Lira berangkat dari Midai tujuan Kalimantan Barat. Dengan muatan 75 fiber ikan. Pada pukul 23.00 KM. Lira 2 sudah mulai oleng dan dengan cepat ABK Kapal melakukan kontak radio ke warga terdekat untuk meminta pertolongan. Namun tidak ada jawaban, pada jam 23.15 KM Lira 2 mulai tenggelam. Pada posisi 102:10/08:12.

Bacaan Lainnya

Jam 16.00 datang bantuan dari kapal Tanker berbendera Malaysia dan seluruh ABK dievakuasi ke atas kapal. Satu jam perjalanan terlihat kapal pukat dan segera meminta pertolongan untuk mengantar ABK ke pulau terdekat.

Setelah itu, kapal pukat melakukan kontak radio dengan nelayan terdekat dan mendapatkan jawaban untuk menjemput ABK kapal. Pada jam 20.00, KM Fisabilillah bergerak menuju lokasi, yang dipimpin langsung oleh camat Midai, Junal Apandi beserta PLH Danramil Gultom, anggota Polsek Roni Faslah, anggota Pos AL Sonar, kepala Syahbandar Edi Suhardi, ketua Karang Taruna Roni Paslah, tim medis R. Aris dan Arfandi

Camat Midai Saat dikonfirmasi melalu sambungan telepon Selasa (28/12/21) menyampaikan, “Alhamdulillah jam 02.05 WIB seluruh ABK sudah dievakuasi ke KM Fisabilillah dengan selamat, penumpang berjumlah 8 orang dan 4 orang kapten beserta ABK kapal. Diperkirakan jam 08.30 WIB sandar di pelabuhan Midai,” ucap Jaunal.

Kemudian, Jaunal juga mengatakan kondisi kapal yang tenggelam, barang-barang tidak dapat diselamatkan, perkiraan kerugian yang dialami sekitar 700- 800 juta, terangnya, mengakhiri. (Rdn)

Pos terkait