Curi Harta Benda WNA Filipina saat Main Golf di Palm Spring, Dua Pelaku Diringkus Unit Reskrim Polsek Nongsa

Keterangan gambar: Kedua pelaku (baju tahanan warna oranye), saat digiring kembali ke sel tahanan usai dihadirkan dalam gelar Konferensi Pers pengungkapan kasus tindak pidana pencurian di halaman depan Mapolsek Nongsa, Jumat (3/12/2021). /Ilh4m/METROBATAM.COM

METROBATAM.COM, BATAM – AM (26) dan FAN (18), pelaku Pencurian dengan Pemberatan (Curat) terhadap Warga Negara Asing (WNA) Filipina berhasil diringkus jajaran Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Nongsa, pada Jumat (26/11/2021).

Dua pelaku tersebut diamankan di rumahnya, yang beralamat di Kavling Bakau dan Kompleks Badan Pengusahaan (BP) Batam, Nongsa. Satu di antaranya merupakan residivis kasus yang sama dengan tempat kejadian perkara (TKP) berbeda.

Bacaan Lainnya

Peristiwa pencurian itu terjadi pada Minggu (21/11/2021) beberapa waktu lalu, di lapangan Golf Palm Spring Nongsa, tepatnya di Hall 5, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Batam.

Ketika itu, WNA berasal dari Filipina ini tengah asik bermain bola golf di Palm Spring Nongsa. Tanpa disadari, barang-barang berharga miliknya hilang. Kejadian tersebut diketahui usai bermain bola golf.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Nongsa, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yudi Arvian, mengatakan, penangkapan tersebut berdasarkan laporan dari korban yang masuk ke Polsek Nongsa.

“Penangkapan ini berdasarkan laporan dari korbannya yang masuk ke Mapolsek Nongsa. Pencurian terjadi saat korban main golf tepatnya di hall 5 Palm Spring, Nongsa, mereka kehilangan barang di buggy golf (melakukan pemukulan bola golf),” kata AKP Yudi didampingi Kepala Unit (Kanit) Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Nongsa, Inspektur Polisi Satu (Iptu) Syofian Rida, saat gelar Konferensi Pers di halaman depan Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Nongsa, Jumat (3/12/2021).

Dikatakan Kapolsek Nongsa, bahwa kedua pelaku tersebut bukan merupakan karyawan Palm Spring Nongsa, akan tetapi pelaku sering mengambil bola golf sehingga tahu persis situasi dan kondisi di daerah tersebut.

“Untuk sementara, kejadian kehilangan ini baru pertama kali terjadi dan pelaku juga baru pertama melakukannya. Pelaku ini masuk dengan cara sembunyi-sembunyi ke dalam area golf Palm Spring itu, tanpa diketahui oleh pihak pengelola,” ujarnya.

Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp5,5 juta. Sementara, barang bukti yang berhasil diamankan polisi di antaranya satu dompet warna merah merek Gucci, tas, dua unit Handphone (HP) merek Nokia 105 warna biru dan Readme 7, satu unit sepeda motor merek Mio Soul warna hijau sebagai alat yang digunakan pelaku saat beraksi serta barang bukti lainnya.

Kedua pelaku dijerat Pasal 363 ayat 1 ke 4 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun kurungan.

(Ilh4m)

Pos terkait