Ini 7 Khasiat Teh Tawar bagi Tubuh

foto net

METROBATAM.CO – Teh tawar alias tanpa gula jadi minuman favorit banyak orang. Minum teh tawar ternyata tak hanya menyegarkan, tapi juga kaya manfaat sehat.

Tak hanya teh manis, teh tawar juga digemari banyak orang Indonesia. Jenis teh tanpa gula ini biasanya jadi pilihan mereka yang sedang diet atau mengurangi konsumsi gula.

Teh tawar pun banyak ditawarkan di tempat makan sehingga bisa jadi pilihan minuman segar usai menyantap aneka hidangan.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (22/2/24), berikut sederet manfaat teh tawar bagi kesehatan tubuh, antara lain:

Bacaan Lainnya

1. Menurunkan kolesterol

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition, minum dua cangkir teh rendah gula per hari secara signifikan menurunkan kadar LDL jahat dan kolesterol total pada penderita diabetes tipe II hanya dalam waktu enam minggu.

Hal ini dibandingkan dengan minuman tinggi gula, seperti soda dan jus buah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Studi ini juga menemukan bahwa orang yang minum teh tanpa gula memiliki kolesterol HDL yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak minum teh sama sekali!

2. Mengurangi risiko kanker

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition and Cancer, minum empat cangkir teh tanpa gula per hari mengurangi risiko peserta terkena kanker mulut hampir 60 persen.

Para peneliti mengungkapkan bahwa hal ini mungkin disebabkan oleh tingginya tingkat antioksidan dalam teh yang mencegah pertumbuhan tumor.

3. Menurunkan tekanan darah

Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang dengan pra-hipertensi yang minum enam cangkir teh biasa, tanpa kafein, atau tanpa gula per hari selama delapan minggu mengalami tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum.

Para peneliti mengatakan bahwa hal ini mungkin disebabkan oleh flavonoid di mana arginin (asam amino) dapat membantu meningkatkan fungsi endotel yang pada gilirannya membantu mengatur tekanan darah.

4. Turunkan berat badan

Teh tanpa gula tidak mengandung kalori, yang berarti tidak dapat menyebabkan penambahan berat badan. Ini juga menjadi manfaat teh tawar yang banyak dicari oleh orang-orang yang diet.

Pada sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Louisiana State University menemukan bahwa ekstrak teh berperan dalam mengurangi lemak tubuh dan penambahan berat badan saat berolahraga.

Tak hanya itu, penelitian tentang bagaimana teh tanpa gula mempengaruhi kadar diabetes dilakukan oleh Harvard Medical School di Boston, Massachusetts.

Studi tersebut menemukan bahwa minum tiga cangkir teh sehari selama 18 bulan menurunkan kadar glukosa darah puasa sebesar 7 persen, mengurangi penambahan berat badan selama penelitian sebesar 10 persen dan meningkatkan toleransi glukosa secara keseluruhan sebesar 22 persen.

5. Kurangi asupan kalori kosong

Manfaat pertama dan paling jelas dari menghilangkan gula dari teh adalah pengurangan asupan kalori kosong. Satu sendok teh gula pasir memiliki sekitar 16 kalori. Tapi apakah kamu cuma menambahkan 1 sdt gula pasir dalam segelas teh?

Tak hanya itu, jika Anda meminum beberapa cangkir teh setiap hari, kalori kosong tersebut bisa bertambah! Meskipun makanan tersebut mungkin tidak memiliki nilai gizi apa pun, makanan ini pasti akan berkontribusi terhadap penambahan berat badan seiring berjalannya waktu.

6. Menurunkan risiko diabetes

Mengurangi gula juga berpotensi menurunkan risiko terkena diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak gula memiliki peluang lebih tinggi terkena diabetes tipe 2, sedangkan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit gula memiliki peluang lebih rendah.

Jadi, jika Anda mencoba mengurangi risiko diabetes, menghentikan kebiasaan mengonsumsi gula adalah awal yang baik.

7. Kesehatan mulut terjaga

Gula juga buruk bagi gigi Anda! Saat Anda makan atau minum makanan dan minuman manis, bakteri di mulut Anda mengubah gula menjadi asam.

Asam ini kemudian mengikis enamel gigi, menyebabkan gigi berlubang dan masalah gigi lainnya. Dengan mengurangi gula, Anda dapat meningkatkan kesehatan mulut dan menjaga gigi Anda tetap terlihat terbaik. Ini juga menjadi sebuah manfaat teh tawar yang bisa didapatkan. (tbnews)

Pos terkait