Coba Kenali Potensi Tersembunyi Lainnya dari Wanita

Metrobatam.com – Tidak banyak yang tahu ternyata seorang wanita memiliki potensi lain selain mengurus keluarga. Apa saja potensi tersebut? Peran spesifik perempuan dalam pengendalian perubahan iklim tidak dapat dipungkiri.

Mereka adalah agen perubahan baik bagi keluarga, lingkungan atau pun komunitasnya. Perempuan juga memiliki potensi, pengetahuan dan pengalaman dalam pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam.

Read More

Kondisi ini telah menempatkan perempuan sebagai kelompok yang mampu menjadi “katalisator” dalam rangka adaptasi dan mitigasi serta perubahan iklim. Perempuan memiliki pengetahuan dan keahlian yang dapat digunakan dalam mitigasi perubahan iklim, strategi pengurangan bencana dan adaptasi.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise mengatakan, isu perubahan iklim saat ini menjadi salah satu isu global yang berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat. Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia menjadi salah satu negara yang rentan terhadap dampak negatif dari perubahan iklim.

“Perubahan iklim berdampak pada perubahan siklus kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat yang rentan seperti masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir, perkotaan atau pun pulau-pulau terkecil dan terluar,” kata Menteri Yohana.

Dampak perubahan iklim juga sangat dirasakan oleh kelompok masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada mata pencaharian dari pemanfaatan sumber daya alam misalnya petani, nelayan dan masyarakat yang mencari penghidupan yang bersumber dari hutan.

Di sisi lain, perempuan dan anak juga menjadi kelompok masyarakat yang sangat rentan dan menjadi korban terbesar akibat terjadinya perubahan iklim.(Ls)

sumber okezone

Related posts