Januari Hingga Maret 2016, 34 Warga Batam Terjangkit HIV/AIDS

Metrobatam.com, Batam – Sebanyak 34 orang warga Batam telah terjangkit penyakit HIV/AIDS dalam rentan waktu tiga bulan sejak Januari hingga 26 Maret 2016. yang ditangani oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah.

Jumlah penderita penyakit menular diperkirakan akan terus meningkat sepanjang tahun 2016. Penyakit mematikan ini sudah membahayakan warga kalau tidak cepat ditangani.

Read More

Sebelumnya, untuk 2015 jumlah penderita HIV/AIDS di RSUD Embung Fatimah sebanyak 179 orang, 66 orang di antaranya telah meninggal karena penyakitnya tidak dapat disembuhkan. Sementara, untuk 2014 sebanyak 186 orang.

Kepala Humas RSUD Embung Fatimah, Nuraini mengatakan, melihat jumlah yang ditangani hingga Maret ada peningkatan pasien. Jumlah ini kemungkinan hingga akhir tahun akan terus meningkat jika masyarakat menganggap penyakit ini tidak berbahaya.

“Melihat angkanya ada peningkatan hingga sekarang. Tapi bisa juga menurun seperti tahun 2015. Kalau bisa menurun karena penyakit ini membahayakan sekali,” kata Nuraini, Selasa (19/4/2016).

Ia menuturkan, pasien yang datang berobat ke RSUD merupakan kebanyakan warga Batam. Rata-rata pasien sejauh ini hanya berobat jalan menjalani penyembuhan penyakitnya. Pihak rumah sakit berupaya menolong para pasien dalam penyembuhan yang dideritanya.

“Kebanyakan pasien HIV/AIDS berobat jalan, tapi kalau ada pasien yang sudah parah harus dirawat inap,” ujarnya.

Sumber: Okezone.com

Related posts