Sering Sakit Punggung, Ini Penyebabnya

Metrobatam.com – Sakit punggung yang datang tiba-tiba setelah tidur malam umumnya disebabkan oleh dua hal, bisa karena pemilihan matras yang tak sesuai atau posisi tidur yang salah. Dan ini kerap dialami oleh banyak orang di dunia, sehingga bila Anda mengalaminya, Anda tak sendiri.

Berita baiknya, untuk dua alasan tersebut, ada perubahan sederhana yang dapat membantu Anda meringankan punggung yang tegang, yang mungkin terjadi selama Anda beristirahat di malam hari.

Banyak ahli yang menyarankan untuk mengganti kasur bila masalah tulang punggung kerap melanda. Anda disarankan mencoba kasur baru jika kini tempat tidur Anda terlalu keras atau malah terlalu empuk di bagian tengah.

Kasur yang terlalu kaku atau terlalu kendor tidak benar-benar menyokong sendi, sehingga menyebabkan nyeri bila Anda terlalu lama berbaring di atasnya.

Bacaan Lainnya

“Bentuk tubuh manusia memang berbeda-beda, sehingga masalahnya ada pada menemukan kasur yang nyaman,” kata Grant Wilson, seorang fisioterapis dan penulis 7 Steps to a Pain-Free Life.

“Kebanyakan orang lebih nyaman dengan kasur yang cukup empuk, padahal kasur yang sedikit keras bisa membuat tulang belakang tetap lurus dan mengurangi tekanan pada semua sendi dan struktur sekitar tulang belakang.”

Bagaimana posisi tidur ternyata juga berdampak pada kesehatan Anda di pagi hari. Diperkirakan, bahwa 17 persen orang yang tidur dengan posisi terlentang bisa membantu mengatasi sakit punggung.

“Hindari posisi tidur meringkuk seperti bola karena cenderung menambah tekanan dalam struktur tulang belakang, terutama jika berada dalam posisi tersebut dalam waktu lama,”kata Wilson.

“Dan beberapa orang tidur tengkurap, tapi itu juga tidak dianjurkan, terutama jika orang tersebut memiliki sakit leher atau sakit kepala.”

Untuk menghindari atau mengurangi sakit punggung, jika Anda tidur telentang atau miring, Wilson menyarankan menggunakan bantalan pinggang yang dikenakan seperti sabuk. Bantal tersebut biasanya bisa Anda dapatkan di apotek atau toko kesehatan.

“Mengenakan bantal pinggang bisa mengisi kesenjangan antara pinggul dan tulang rusuk serta membuat kurva alami di punggung dan tulang belakang, sehingga kemungkinan nyeri punggung bisa berkurang,” katanya.

Tetapi jika sakit punggung terus datang walau sudah melakukan cara tersebut, Wilson menyarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter.(mb/kompas)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *