Warga Lingga Berharap Adanya Pasar Murah Ramadhan

Ilustrasi

Metrobatam.com, Lingga – Warga Daik Lingga menantikan realisasi dari rencana pemerintah Kabupaten Lingga menggelar pasar murah Ramadhan, guna meringankan belanja kebutuhan bahan pokok masyarakat setempat.

“Kami menunggu pasar murah Ramadhan yang akan digelar Pemkab Lingga. Di Tanjungpinang dan Batam sudah mulai ada,” kata Ani, salah seorang ibu rumah tangga di Daik Lingga, Kamis.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dengan melonjaknya harga sejumlah kebutuhan pokok warga khususnya beras dan gula hampir 30 persen dari harga normal, beberapa minggu terakhir, membuat masyarakat cukup terbebani.

Dengan adanya pasar murah, setidaknya belanja kebutuhan pokok keluarga dapat sedikit di tekan.

“Kami sangat berharap, pemerintah segera menggelar pasar murah Ramadhan,” tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar mengatakan, pemerintah daerah melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkops) Kabupaten Lingga, akan membuka pasar murah Ramadhan dalam waktu dekat.

“Kita tinggal menunggu dari Disperindag. Kita ada gula dan beras hibah dari Bea Cukai, rencananya beras dan gula itu nantinya akan kita jual dengan harga murah, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya, Selasa (14/6) lalu.

Nizar mengakui, Pemkab Lingga sedikit sulit untuk mengontrol stabilitas harga pasar, karena peran tersebut langsung ditangani pihak swasta sebagai pelaku pasarnya.

Namun, pemerintah setempat tetap berupaya mencari solusi dalam menjawab keluhan masyarakat tersebut.

“Memamg ketika kita bicarakan masalah harga sembako, dalam hal ini Pemda bukan sebagai pelaku pasar. Akan tetapi kami tetap minta kepada pengusaha-pengusaha lokal yang memang membidangi masalah itu untuk dapat pengertian dan tidak mempermainkan harga sembako ini,” terangnya.

26 Mei lalu, dirinya sudah menduduki permasalahan tersebut bersama seluruh pihak terkait, dengan mengundang pihak Danlanal, Bea Cukai, serta pelaku usaha yang mewakili Kecamatan Senayang, Pancur, Dabo Singkep, serta Daik Lingga.

“Kami sudah melakukan koordinasi. Yang jelas jangan sampai bahan pokok ini langka, harga jangan dimainkan selama Ramadan, apalagi menjelang hari raya idul fitri, kami sudah sepakati itu, dan insyaallah dalam waktu dekat, pasar murah untuk masyarakat kita akan dilaksanakan, agar mereka terbantu,” tutupnya.

(Mb/Antara)

Pos terkait