Ridwan Kamil Bersedia Desain Tempat Ibadah Selain Masjid

Metrobatam, Bandung – Sejak menjabat menjadi wali kota Bandung, Ridwan Kamil menegaskan berhenti dari profesinya terdahulu sebagai arsitek. Namun, belakangan pria yang akrab disapa Emil itu kerap mendapat orderan merancang masjid.

Baru-baru ini, dia merilis desain terbarunya untuk masjid agung di Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam rancangannya itu, Emil mengusung konsep 99 kubah.

Bacaan Lainnya

Selain masjid di Sumsel, Emil pun turut mendesain masjid milik Polda Jabar dan masjid raya Jawa Barat yang masih dalam tahap perencanaan awal.

Emil mengatakan, dia tak akan menolak jika diminta membangun masjid. Sebab, pesan itu merupakan wasiat dari almarhum ayahnya.

“(Mendesain) masjid mah karena wasiat almarhum ayah saya tidak boleh menolak,” kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Senin (1/8).

Dalam merancang konsep pembangunan masjid, Emil mengaku tak mendapat bayaran sepeser pun.

“Sebatas hanya dua hal, yakni konsep dan tidak boleh dibayar. Jadi saya tidak ada bayaran apapun kecuali jadi amal saja kalau masjid mah,” ungkapnya.

Dia pun tak menolak jika diminta mendesain tempat ibadah selain masjid. Saat ini, kata Emil, ia belum mendapat permintaan untuk mendesain tempat ibadah selain masjid, seperti gereja.

“Desain gereja belum ada (permintaan). Enggak nolak juga kalau disuruh. Enggak ada yang minta saja. Ya, pada dasarnya mau agama apa saja kalau orang rajin ke tempat ibadah kan berarti keluar tempat ibadah teh orang lebih baik hatinya, lebih taat. Jadi sebenanrya bagus walaupun agamanya beda-beda,” jelasnya.(mb.kompas)

Pos terkait