oleh

Bunga Raflesia Kelopak 6 Mekar Sempurna di Pinggir Jalan

Metrobatam, Bengkulu – Satu kuntum bunga Raflesia jenis Arnoldii mekar di kawasan hutan lindung Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, tepatnya di liku 9 KM 46 Kecamatan Taba Penanjung atau ditepi jalan lintas tengah (Jalinteng) Bengkulu-Sumatera Selatan.
Bunga yang menjadi ikon Provinsi Bengkulu itu, memiliki kelopak enam dengan diameter sekira 65 centimeter, yang tergolong langka. Pasalnya, biasanya bunga yang mekar di wilayah itu hanya memiliki lima kelopak.

Disampaikan penjaga Bunga Raflesia, Irvan, dari 10 bunga Raflesia yang mekar di kawasan itu hanya dua kali bunga Raflesia yang mekar berkelopak enam. “Biasanya yang mekar memiliki lima kelopak. Ini jarang sekali terjadi di wilayah ini dengan enam kelopak,” kata Irvan, Jumat (9/9).

Bunga itu, lanjut dia, akan mekar sekira lima hingga enam hari. Kemudian, bunga akan kembali membusuk. Meskipun demikian, bunga masih bisa dinikmati keindahannya beberapa hari ke depan. “Di sini menjadi lokasi salah satu habitat bunga Raflesia. Masih ada tiga bongkol (calon bunga rafflesia) yang akan kembali mekar dalam beberapa bulan ke depan,” jelas Irvan.

Sejak bunga mekar, sambung dia, berbagai wisatawan sudah berkunjung melihat secara langsung bunga yang hanya berjarak sekira 25 meter dari tepi jalan lintas tengah Bengkulu-Sumatera Selatan itu.

Wisatawan yang datang, aku dia, mulai dari Jakarta, Medan Sumatera Utara serta wisawatan lokal. Bahkan, ada wisatawan asal Thailand yang ikut menyaksikan langsung bunga Raflesia di kawasan itu. “Wisatawan sudah banyak yang berkunjung ke sini untuk melihat bunga Rafflesia,” pungkas Irvan.(mb/okezone)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed