oleh

Cegah Masuknya Zika, Kemenhub Lakukan Pemeriksaan Ketat di Pelabuhan Batam

Metrobatam, Jakarta – Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan RI serta instansi terkait lainnya telah melakukan koordinasi untuk bersiaga mencegah dan meminimalkan dampak dan penyebaran virus Zika yang merebak di kawasan Asia Tenggara sejak beberapa hari yang lalu. Seperti diketahui, kasus infeksi Virus Zika banyak ditemukan di Singapura beberapa waktu yang lalu.

Dalam keterangan tertulis dari pihak Kemenhub, Senin (5/9), unit-unit kesehatan di pelabuhan-pelabuhan umum dan penyeberangan di Batam serta bandara internasional utama Indonesia telah memasang perlengkapan pendeteksi suhu badan (mass thermal scanner) untuk memonitor suhu badan para penumpang dari Singapura dan Malaysia dengan batas toleransi berbadan sehat dengan suhu badan paling tinggi 38 derajat Celcius.

Para penumpang yang datang dari Singapura dan Malaysia di pelabuhan-pelabuhan di Batam dan bandara internasional utama diwajibkan untuk melakukan pengisian formulir kewaspadaan kesehatan atau Health Alert Card (HAC) guna memonitor kondisi kesehatan para penumpang dengan asal embarkasi Singapura dan Malaysia.

Untuk angkutan udara dari Singapura dan Malaysia tujuan bandara-bandara internasional utama di Indonesia, semua pesawat diwajibkan untuk melakukan disinfeksi sebelum berangkat dan awak pesawat diwajibkan untuk melaporkan kepada menara pengawas bandara tujuan di Indonesia bila terdapat penumpang atau awak dicurigai mengalami gangguan kesehatan akibat terjangkit virus Zika ketika pesawat sedang mengudara ke Indonesia.

Ke depan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan serta otoritas serta Pengelola pelabuhan di Batam dan bandara internasional utama di Indonesia terus berkoordinasi untuk melakukan pemantauan atas kemungkinan penyebaran virus Zika tersebut terhadap para pengguna alat transportasi laut atau udara dengan embarkasi Singapura dan Malaysia.

Singapura memang telah merilis data orang yang terinfeksi virus Zika. Dalam sepekan, ada 242 orang terinfeksi virus Zika di Singapura.(mb/detik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed