Menpan Asman Abnur Minta Polda Riau Layani Masyarakat 24 Jam

Metrobatam, Pekanbaru – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur memberi arahan agar Kepolisian Daerah Riau mampu melayani masyarakat selama 24 jam dalam satu hari.

Peningkatan pelayanan merupakan sebuah keharusan agar Polda Riau layak dinyatakan naik tingkat dari semula tipe B menjadi tipe A atau sejajar dengan polda besar di Indonesia yang dipimpin pejabat berpangkat Inspekstur Jenderal.

Bacaan Lainnya

“Tujuan utamanya (peningkatan tipe) adalah peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Layanan harus mudah dijangkau berbasis teknologi informasi yang dapat diakses masyarakat selama 24 jam penuh. Polda Riau dituntut membenahi sistem pelayanan publiknya dengan standar modern,” kata Asman dalam kunjungan kerjanya ke Riau, Rabu (7/9).

Asman memberi contoh agar Polda Riau menerapkan teknologi sistem tombol darurat (panic button) seperti dilakukan Polda Jawa Timur. Dengan sistem itu, setiap laporan warga, dapat langsung ditangani polisi dalam waktu singkat. Akan sangat baik lagi apabila sistem itu dikembangkan ke setiap polres di seluruh wilayah Riau.

Sejak tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Asman melakukan rapat tertutup dengan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Kepala Polda Riau Brigadir Jenderal (Pol) Supriyanto di Mapolda Riau.

Setelah itu, Asman mengunjungi Kantor Samsat Pekanbaru untuk melihat pelayanan pajak kendaraan bermotor dan menuju Unit Pelayanan Surat Izin Mengemudi di kawasan Rumbai.

Menurut Asman, Polda Riau juga harus memperbaiki sistem penganggaran dengan menggunakan teknologi informasi e-budgeting. Dengan pola itu, penggunaan anggaran dapat dipertanggungjawabkan dan bersifat transparan.

Dalam beberapa bulan terakhir, Polda Riau sudah didengung-dengungkan bakal naik kelas menjadi tipe A, seperti Lampung, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Barat. Penilaian dari Menpan menjadi salah satu pertimbangan untuk kenaikan status itu.(mb/kompas)

Pos terkait