Hari Ini Presiden Jokowi ke Natuna, Saksikan Latihan Tempur

Metrobatam, Jakarta – Presiden Jokowi Widodo dijadwalkan menghadiri puncak latihan TNI AU yang bertajuk Angkasa Yudha di Natuna, Kepulauan Riau, hari ini (Kamis).

Presiden Joko Widodo dan rombongan akan berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pada pukul 07.00 WIB. Puncak pelatihan TNI AU Angkasa Yudha 2016 akan melibatkan puluhan pesawat tempur, angkut dan heli serta dikuti oleh ribuan personel TNI AU.

Bacaan Lainnya

Latihan Puncak Angkasa Yudha 2016 merupakan latihan akumulasi dari latihan tingkat personel, satuan dan antarsatuan guna menguji kesiapsiagaan satuan sekaligus menguji doktrin operasi udara dalam menanggulangi kontijensi yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personil Koopsau I, Koopsau II, Kohanudnas, Korpaskhas dan dinas terkait.

Sebelumnya Komandan Skadron 11 TNI AU Makassar Letkol Pnb David Ali Hamzah di Bandara Hang Nadim Batam mengatakan, Pesawat Sukhoi SU-30 Flankers dari Skadron 11 TNI AU telah melakukan geladi bersih pengeboman target laut di Natuna. Geladi bersih itu sendiri dilakukan dalam rangka menyambut acara puncak Latihan Angkasa Yudha 2016 pada hari Kamis ini.

“Pesawat Shukoi melakukan latihan terakhir bersama pesawat-pesawat lain yang terlibat dalam Latihan Angkasa Yudha 2016 di Natuna,” jelasnya.

Pesawat tempur tersebut sudah mulai terbang geladi sejak Senin (3/10) dari Hang Nadim Batam menuju perairan Natuna. Dalam Latihan Angkasa Yudha 2016, empat Sukhoi TNI AU di Batam dilengkapi dengan 72 bom. Burung-burung besi buatan Rusia itu akan menembak sasaran kapal di perairan sekitar Bandara Ranai Natuna.

David mengatakan, Sukhoi TNI AU akan menjadi tim penyapu target berupa sejumlah kapal atau target lain yang sudah disiapkan pada lokasi latihan.

Saat ini, sekitar kawasan VVIP Hang Nadim Batam sudah steril karena empat pesawat tersebut sudah mulai dipasangi bom yang akan digunakan dalam latihan tersebut.

“Latihannya sejak pertama sama. Untuk hari ini sudah benar-benar seperti apa yang akan dilaksanakan dalam acara puncak pada besok (Kamis) pagi,” kata Hamzah.

Komandan Pangkalan Udara Tanjungpinang Kolonel Pnb Ign Wahyu Anggono mengatakan, Latihan Puncak Angkasa Yudha 2016 merupakan latihan akumulasi dari latihan tingkat personel, satuan, dan antarsatuan.

Latihan itu untuk menguji kesiapsiagaan satuan sekaligus menguji doktrin operasi udara dalam menanggulangi kontijensi dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personil Koopsau I, Koopsau II, Kohanudnas, Korpaskhas, dan dinas terkait.

“Masing-masing memiliki peran tersendiri dalam latihan ini. Jadi akan ada berbagai atraksi selama acara puncak ini,” kata Wahyu.

Bandara Hang Nadim Batam menjadi salah satu bandara untuk menyiapkan pesawat yang akan terlibat dalam acara tersebut.(okezone/kompas)

Pos terkait