Lihat Kekerasan Terhadap Anak, Segera Lapor ke Nomor Ini

Metrobatam, Banda aceh – Maraknya kasus pelecehan terhadap anak yang dilakukan oleh orang terdekat, membuat Kementerian Sosial RI menyiapkan call center untuk mempermudah pelaporan terhadap sejumlah kasus yang menimpa anak.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa usai penyerahan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Banda Aceh, meminta masyarakat yang melihat adanya kekerasan atau mendengar terjadi kekerasan terhadap anak atau lainnya, untuk melapor ke call center 1500771.

Bacaan Lainnya

“Kementerian Sosial punya tim reaksi cepat, sehingga mereka akan segera ke lapangan untuk menindak lanjuti laporan tersebut,” kata Khofifah di Anjongan Mon Mata, Banda Aceh, Minggu, (16/10).

Dikatakan Khofifah selama ini, pihaknya hanya melakukan rehabilitasi terhadap pelaku kekerasan terhadap anak. Selain mereka, rehabilitasi juga diperuntukkan kepada korban dan keluarga korban untuk menghilangkan traumatik. Setelah pengesahan Undang-undang perlindungan anak tentang hukum kebiri, didalamnya dijelaskan tentang pemberatan hukuman dan tambahan hukuman.

“Pemberatan hukuman itu seperti hukuman mati atau hukuman seumur hidup. Nah kalau tambahan hukuman, misalkan diberi chip di kaki, jadi saat pelaku ini menuju ke tempat keramaian, chipnya berbunyi. atau juga misalkan identitas di publish,”tukasnya.(mb/okezone)

Pos terkait