Peringati 2 Tahun Pemerintahan Jokowi, Tjahjo akan Umumkan Pemecatan 100 PNS Kemendagri

Meterobatam, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan akan mengumumkan pemecatan terhadap lebih dari 100 PNS di kementeriannya pada saat peringatan dua tahun pemerintahan Joko Widodi (Jokowi) Jusuf Kalla (JK).

Pemberhentian secara tidak hormat ini dilakukan pada PNS yang terbukti melakukan penyalahgunaan anggaran atau korupsi.

Bacaan Lainnya

“Nanti akan saya umumkan walaupun tidak nama, mendekati seratusan lebih, mulai eselon dua, direktur IPDN saya pecat. Baik saya pecat tidak hormat, kita berhentikan tidak hormat, maupun kami suruh pilih mengajukan pensiun dini,” kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

“Itu sudah mendekati seratus lebih, nanti akan saya umumkan pada saat dua tahun pemerintahan pak Jokowi,” imbuh dia.

Penindakan tegas terhadap pegawai pengemplang anggaran ini sebagai bentuk bersih-bersih di lingkungan Kemendagri.

Selain itu, Tjahjo juga mendorong serapan anggaran di masing-masing direktorat jenderal (Ditjen) di Kemnedagri.

Serapan anggaran yang relatif meningkat tahun ini dibanding tahun lalu diharap akan mengalami perbaikan di tahun mendatang. “(Tahun) 2015 ke 2016 cukup bagus peningkatannya, sekarang sudah mencapai rata rata 70-80 persen, minimal bisa diatas 80 persen saya kira kami mengapresiasi,” ucap Tjahjo.

Seperti diketahui, sebelumnya Kemendagri diterpa kasus korupsi anggaran KTP elektronik (e-KTP) saat kepemimpinan Gamawan Fauzi. Kasus ini masih dalam penyelidikan KPK. Tjahjo mengatakan tak akan mencampuri proses hukum yang tengah berjalan, dan memerintahkan anak buahnya yang tersangkut kasus ini untuk bersikap koperatif. (mb/okezone)

Pos terkait