RS Siloan Meledak, Ratusan Pasien dan Keluarga Berhamburan

Metrobatam, Makassar – Sebuah ledakan terjadi di rumah sakit Siloam, di Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar. Pasien dan para keluarga lari berhamburan keluar hingga ke halaman rumah sakit.

Ledakan terjadi Selasa (4/10) pukul 22.00 WITA. Sebanyak 12 unit armada Pemadam Kebakaran Makassar diturunkan ke RS Siloam Makassar.

Bacaan Lainnya

Ledakan ini menyebabkan dua unit mobil, yakni Toyota Rush putih dengan nomor polisi DD 1073 XV dan Honda Jazz hitam yang terparkir di belakang rumah sakit terkena serpihan batu. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar Imran Samad menyebutkan penyebab ledakan diduga bersumber dari mesin air yang berada di lantai 9 gedung RS Siloam.

“Anggota kami yang naik tidak sempat melakukan penyemprotan, karena tidak ada api atau asap yang disaksikan, hanya saja efek ledakan awal menyebabkan serpihan tembok jatuh dari lantai 9 dan mengenai mobil di lantai dasar,” ujar Imran.

Wakil Kepala Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) Brigjen Gatot Eddy Pramono saat meninjau lokasi ledakan mengatakan, berdasarkan dugaan sementara ledakan di lantai 9 Gedung RS Siloam berasal dari saluran pipa gas pemanas air.

“Diduga penyebabnya karena kebocoran gas elpiji untuk pemanas air, nanti selanjutnya akan diselidiki Tim Labfor,” ujar Gatot di lokasi, Jl Metro Tanjung Bunga, Tanjung Merdeka, Makassar, Selasa (4/9) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Salah seorang petugas rumah sakit bernama Ramlah mengatakan sempat muncul api usai ledakan di Lantai 9.

Dua mobil rusak akibat serpihan batu dari ledakan. Kerugian dari peristiwa ini belum dapat ditaksir. Para pasien dan keluarganya telah diantar kembali ke ruang perawatannya. Sebelumnya mereka lari berhamburan saat terdengar suara ledakan. (mb/detik)

Pos terkait