Seperti Ini “Tawar Menawar” Susi – Jokowi Bangun Kawasan Perikanan Natuna

Metrobatam, Jakarta – Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membangun kawasan perikanan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Ketika menyampaikan sambutan dalam peresmian Bandar Udara Ranai, Kamis (6/10), Jokowi mengatakan bahwa setidaknya, kawasan perikanan itu sudah rampung akhir tahun 2016 ini.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah mulai membangun kawasan perikanan di Selat Lampa, lebih dari 100 hektare. Akhir tahun diharap selesai.” ujar Jokowi.

Namun, kawasan perikanan tersebut diperkirakan Presiden belum akan dilengkapi dengan cold storage. Tahun 2017, kawasan perikanan itu baru akan dilengkapi dengan cold storage. “Perkiraan saya, pertengahan 2017 semuanya sudah bisa saya resmikan,” ujar Jokowi.

Jokowi berharap kawasan perikanan itu mampu memberikan efek positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Natuna. Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat bertanya ke Menteri Susi yang hadir dalam acara tersebut, apakah instruksinya dapat dilaksanakan atau tidak.

“Gimana, Ibu Susi?” tanya Jokowi.

Dari penjelasan Susi kepada Jokowi, kawasan perikanan yang diinstruksikan memang akan rampung sebagian besar pada akhir 2016. Tapi, keseluruhan kawasan akan tuntas pada akhir 2017, bukan pertengahan 2017 seperti yang diinginkan Jokowi.

Jokowi tampak menerima ‘tawar-menawar’ Susi tersebut. “Akhir tahun 2017 ya? Tuh, ini yang janji menterinya. Diingat-ingat, bukan saya. Tinggal saya kejar (janji Susi),” ujar Jokowi yang disambut tawa, termasuk oleh warga setempat yang turut hadir.(mb/kompas)

Pos terkait